400 Sekolah di Kota Bogor Manfaatkan 1 Juta Domain Website Gratis

Kota Bogor – Kabar Faktual

Sebanyak 400 sekolah di Kota Bogor mengikuti Sosialisasi sekaligus Bimbingan Teknik (Bimtek) dalam pembuatan Website sekolah di Aula SMK Negeri 3 Kota Bogor, Jalan Pajajaran, Kota Bogor, Sabtu (14/10/17).

 

Bimtek dan sosialisasi ini merupakan bagian dari program 1 Juta Domain Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kememkominfo) RI yang diberikan secara gratis selama satu tahun. Pada kegiatan Sosialisasi dan Bimtek ini turut bekerja sama dengan Relawan TIK Kota Bogor sebagai fasilitator, Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bogor dan Dinas Komunikasi, Informasi, Statistik dan Persandian (Diskominfostandi) Kota Bogor.

 

Kepala Disdik Kota Bogor Fahrudin mengatakan, Kemenkominfo menyediakan 1 Juta Domain dan Hosting gratis selama satu tahun untuk sekolah, UMKM, pesantren dan komunitas. Domain ini merupakan alamat di dunia maya menggunakan server dalam negeri dan domain .id sebagai domain Indonesia yang terpercaya serta penggunanya terdaftar dengan identitas yang jelas. “Program ini sekaligus akan menekan tingkat anonimitas di Internet,” ujarnya.

 

Ia menuturkan, beberapa sekolah di Kota Bogor ada yang sudah memiliki website namun belum dikelola dengan aktif. Namun, banyak pula yang belum memiliki website mengingat biaya untuk pengelolaan website cukup mahal. “Untuk satu tahun ini kan gratis, maka di tahun berikutnya untuk biaya domain sekolah dapat menggunakan dana BOS,” terangnya.

 

Dia menegaskan, dengan adanya program domain gratis ini, 400 sekolah di Kota Bogor harus dapat memanfaatkannya dengan baik. Mengisi website dengan konten positif hingga memperkenalkan guru, fasilitas, kegiatan sekolah dan lainnya. Sehingga memudahkan masyarakat untuk mengenal sekolah tanpa harus datang ke sekolah.

 

“Kami berharap pengembangan website masing-masing sekolah meningkat sehingga masyarakat mendapatkan kemudahan informasi. Ini akan berdampak pada pemerataan memilih sekolah yang paling dekat dengan domisi,” jelasnya.

 

Kepala Diskominfostandi Kota Bogor Firdaus mengatakan, ia sangat mengapresiasi program 1 Juta Domain dari Kemenkominfo RI. Dengan domain gratis ini, sekolah bisa mempromosikan sekolahnya cukup dengan website. Meski begitu, menurutnya pada pelaksanaannya nanti tentu tidak akan lepas dari kendala. Sebab pasti tidak akan semuanya sama dalam hal pengelolaan website. Sekolah harus mampu menyesuaikan diri dan menjadikan ini tantangan sekaligus inovasi menuju Smart City.

 

“Diskominfostamdi akan memonitor sekolah agar jangan sampai keluar dari aturan yang dibuat Kementerian dan melihat perkembangan websitenya seperti apa. Harapan kami tidak hanya sekolah yang memiliki domain tetapi juga semua instansi dan stakeholder memiliki domain yang bisa di akses,” katanya.

 

Sementara itu, Wali Kota Bogor Bima Arya mengatakan, Smart City itu bukan hanya tentang CCTV, melainkan tentang efesiensi, transparansi dan partisipasi. Ketiga tujuan tersebut dapat dilihat melalui website kotabogor.go.id yang menampilkan semua data tentang Kota Bogor. Tak ayal, website Kota Bogor terpilih menjadi website terbaik se-Indonesia.

 

“Websitenya sudah ada maka tinggal bagaimana mengolahnya, memasukkan konten yang kreatif. Saya juga ingin tahun depan website yang sudah di buat ini bisa dilombakan untuk melihat website terbaik,” pungkasnya. (Rie)

 

 

 

Editor: Gung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.