Aktor Amitabh Bachchan Didaulat Menjadi Pengisi Suara Alexa Amazon

KabarFaktual.com – Raksasa e-commerce dunia, Amazon telah menerima mega bintang Bollywood Amitabh Bachchan untuk menjadi asisten suara Alexa. Langkah tersebut meningkatkan akan mendorong pengguna smartphone di India yang terus melonjak untuk memanfaatkan layanan yang ditawarkan Amazon.

 

Negara berpenduduk 1,3 miliar orang, India tengah beradaptasi dengan kemampuan suara layanan internet. Dan penunjukkan Bachchan, akan mempopulerkan Alexa Amazon dengan fitur sejenis, seperti Siri (Apple) dan Google Assistant (Alphabet).

 

“Bariton yang telah mempesona industri film India selama lebih dari lima dekade, akan segera memberikan pengalaman suara yang unik kepada banyak pelanggan India yang menggunakan Alexa,” kata Amazon mengumumkan di blog India, Senin (14/9/2020). Pengguna akan dapat mengakses “Mr. Suara ikonik Bachchan di Alexa dengan membeli pengalaman suara Amitabh Bachchan,“ tambah blog itu.

 

Dilansir dari laman Telecom (ET India), Bachchan, 77 tahun, sering digambarkan sebagai jawaban India atas gabungan dua bintang Hollywood, Marlon Brando dan Robert De Niro. Dan kepopulerannya yang dalam ratusan iklan yang menjajakan segala hal mulai dari cola Pepsi, cokelat Cadbury, hingga kampanye vaksinasi polio yang didukung UNICEF.

 

Suara Bachchan yang langsung dikenali telah menambah status bintangnya dalam film-film populer Bollywood, podcast, dan acara permainan televisi versi India, “Who want to be a millionaire?”.

 

Pada Senin (14/9/2020), aktor bertubuh jangkung itu, memposting di Instagram, “ek nayi soch… ek nayi drishti… ek nayi disha,” dalam bahasa Hindi yang berarti “pemikiran baru, pandangan baru, arah baru”.

 

Amazon pertama kali menggunakan suara selebriti ketika aktor Hollywood Samuel L. Jackson melakukan debut dengan Alexa. Sejak itu ditambahkan aktor suara profesional yang melantunkan Shakespeare, Mark Twain, peribahasa dan dongeng.

 

Tahun lalu, saingannya Asisten Google menambahkan suara penyanyi Amerika John Legend. Asisten suara Google yang dominan belum mendebutkan suara selebriti di India.

 

Seperti halnya Jackson, Amazon akan menerapkan teknologi ucapan untuk membuat Alexa terdengar persis seperti Bachchan, pertanyaan apa pun yang dijawabnya tanpa perlu merekam setiap kata dalam suaranya di studio. Pengguna dapat membeli suara Bachchan sebagai keterampilan untuk memberikan informasi cuaca terkini, membaca puisi, dan memberikan nasihat.

 

India dengan lebih dari setengah miliar ponsel cerdas dan tarif data termurah di dunia dengan cepat layanan berkemampuan suara karena orang yang menggunakan internet melalui suara mengetik.

 

Menurut laporan Dentsu Aegis Network India, pasar untuk pengenalan ucapan dan berkembang pesat di India, dengan perkiraan melonjak lebih dari 40% tahun ini menjadi $ 58,4 juta.

 

Kedatangan Bachchan di Alexa tahun depan akan menggetarkan hati salah satu karyawan Amazon: Amit Agarwal, kepala Amazon India dan mantan asisten eksekutif Jeff Bezos.

 

Agarwal, yang merupakan penggemar berat Bachchan, dengan lancar melontarkan baris-baris dari film-film top yang dibintangi Bachchan. Saking ngefans dengan Amitabh Bachchan, hingga hari ini, ia masih menggunakan gaya rambut Bachchan yang pernah populer beberapa dekade lalu.

 

Di sisi lain, penunjukkan Bachchan tak lepas dari upaya Amazon untuk memenangkan persaingan di industri e-commerce India yang berkembang pesat.

 

Menurut data dari Counterpoint untuk kuartal kedua (April-Juni) 2020, untuk pertama kalinya di pasar India, Amazon muncul sebagai saluran smartphone online terbesar dengan pasar 47%, meninggalkan saingan terdekatnya Flipkart. Pengecer elektronik milik Walmart ITU, tak kuasa menahan gempuran Amazon, sehingga pasarnya turun menjadi 42%.

 

 

 

 

 

 

Selular.id | Eft

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.