Cegah Norkoba, BNN provinsi Lampung Lakukan Sosialisasi SIRENA

LAMPUNG TENGAH, (KF) – Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Lampung melakukan sosialisasi Aplikasi sistem Informasi Rehabilitasi Narkoba (SIRENA), bertempat di kampung Bumi Aji, Kecamatan Anak Tuha, Kabupaten Lampung Tengah, senin (28/8/17).

Acara sosialisasi ini diikuti oleh tokoh masyarakat, tokoh pemuda yang ada di kecamatan Anak Tuha. Untuk diketahui, Badan Narkotika Nasional (BNN) meluncurkan aplikasi SIRENA berbasis Aplikasi online. BNN Provinsi Lampung mensosialisasikan program aplikasi tersebut ke lapisan masyarakat, agar akses informasi tentang rehabilitasi bahaya Narkoba semakin meningkat di tengah masyarakat.

Dalam penjelasan yang disampaikan oleh salah satu anggota BNN Provinsi Lampung, DR. Picka dihadapan para peserta yang hadir, bahwa tujuan kegiatan ini dilaksanakan adalah agar masyarakat pemakai/pecandu narkoba didata melalui sistem SIRENA yang berbasis online. Nantinya akan dilakukan tindakan pengobatan melalui konseling oleh BNN untuk bisa lepas dari ketergantungan atau pengaruh narkoba. Dijelaskan dalam undang undang NO 39 tahun 2009, pemakai atau pecandu adalah korban yang wajib dilindungi dengan cara direhabilitasi. Tahap pertama  pecandu atau pemakai akan diregistrasi dalam sistem SERENA dalam daftar pasien rehabilitasi BNN Provinsi Lampung.

Setelah teregistrasi dalam sistem SIRENA, kedepannya diwajibkan untuk melakukan konseling atau berobat jalan di kantor BNN Provinsi Lampung. Diharapkan ke depan peranan tokoh agama, tokoh masyarakat, dan tokoh pemuda dalam mencegah peredaran narkoba sangatlah besar. Untuk menciptakan generasi yang sehat jasmani dan rohani, kata Dr. Picka.

Nikmat (45), salah satu tokoh pemuda dan penggagas acara ini sangat mengapresiasi dan mendukung Program SIRENA dari BNN Provinsi Lampung karena dapat membantu masyarakat untuk mendapatkan rehabilitasi secara gratis dan terlindungi bagi pemakai narkoba yang menjadi korban, serta  dampak sosial penyalahgunaan narkoba, yakni mendorong tindakan kriminal.

” Saya sangat mengapresiasi dan mendukung apa yang dilakukan oleh BNN provinsi Lampung yaitu SIRENA. Dengan demikian masyarakat dapat terlindungi dengan baik,” ujarnya.

Selain pendataan secara online pada aplikasi SIRENA yang diadakan ini, masyarakat yang mengikuti acara ini juga mendapatkan sosialisasi bahaya narkoba, dan cara rehabilitasi di BNN, serta mendapatkan obat vitamin dari BNN.(irul)

 

Editor: Tobing

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.