Disbudpar Kabupaten Bogor Adakan Uji Kompetensi Bidang Housekeeping

 

KabarFaktual.com – Untuk meningkatkan mutu Sumber Daya Manusia (SDM) usaha jasa akomodasi di bidang perhotelan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Bogor memfasilitasi sertifikasi dengan mengadakan uji kompetensi di Kabupaten Bogor bagi 25 orang dibidang Housekeeping yang digelar di Hotel The Green Peak, Jalan Raya Puncak KM 77, Desa Kopo, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, pada tanggal 15-16 November 2018 lalu.

 

Ketua Panitia Pelaksanaan Uji Kompetensi/Sertifikasi Pelaku Usaha Akomodasi, Dra Triastuti menuturkan, sebelum masuk tahap uji kompetensi ini, para peserta telah mengikuti bimbingan teknis yang diselenggarakan oleh Disbudpar Kabupaten Bogor.

 

“Pelaksanaan kegiatan fasilitasi sertifikasi kompetensi itu sendiri merupakan mandat Undang-Undang No. 10 tahun 2009 tentang Kepariwisataan dan telah dituangkan dalam rencana strategis Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif 2012,” tutur nya kepada Bogorupdate.com disela-sela kegiatan.

 

Dia menambahkn, Disbudpar Kabupaten Bogor terus mendorong usaha percepatan program fasilitasi pelaksanaan uji kompetensi kompetensi, khususnya dibidang hotel dan restoran di seluruh wilayah Kabupaten Bogor.

 

“Disbudpar Kabupaten Bogor memberikan fasilitasi uji kompetensi kepada 75 tenaga kerja dibidang hotel yakni, Front Office (FO), House Keeping, dan Food and Beverage (FB) secara bertahap, diketahui sertifikasi ini nantinya berlaku di 11 negara Asean,” imbuh Triastuti.

 

Lanjutnya, Kegiatan ini mengacu pada ketentuan wajib suatu perusahaan atau dalam hal ini bidang perhotelan minimalnya 50% memiliki sertifikat uji kompetensi. Dari 9.110 SDM perhotelan yang ada hingga saat ini baru 2,7% atau sekitar 180-an orang tenaga perhotelan yang telah difasilitasi Disbudpar Kabupaten tersertifikasi.

 

“Jumlahnya memang belum banyak karena memang, untuk sertifikasi itu memerlukan anggaran yang tidak sedikit. Target kami adalah sertifikasi bagi seluruh pegawai hotel, mulai dari koki (Chef), Front Office dan Resepsionis, tenaga kebersihan (Cleaning Service), pembawa barang (Porter), pelayan (Waiter dan Waitress), hingga petugas keamanan (Security), bisa diselesaikan beberapa tahun kedepan,” ungkapnya.

 

Sementara itu, Koordinator Sertifikasi Profesi (LSP) Saptawi Budiman mengatakan, bahwa Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang sudah masuk di tahun 2015 lalu ini mulai dirasakan dampaknya yakni perusahaan asing sudah mulai masuk ke Indonesia. Maka dari itu, SDM di Indonesia ini jangan sampai kalah saing dengan negara lainnya.

 

“Jika seorang tenaga kerja sudah tersertifikasi maka peningatakan SDM bisa bersaing secara global dengan tenaga kerja lainnya.┬áSekarang ini bersaingnya bukan hanya di regional atau nasional saja, bahkan secara global atau dunia, untuk itulah adanya sertifikasi ini sebagai pengakuan tenaga kerja yang berkompeten,” ujarnya.

 

Ditempat yang sama, salah satu peserta dari Hotel New Ayuda Puncak, Ronja kirana, mengungkapkan, dirinya sangat berterima kasih atas fasilitasi dari Disbudpar Kabupaten Bogor. Karena dengan kegiatan ini membuatnya makin percaya diri dan siap bersaing dengan tenaga kerja lain.

 

“Selain itu, dengan kegiatan ini banyak beberapa hal yang saya tidak ketahui menjadi tau dikarenakan saat ujian Housekeeping diawali dengan memberikan materi oleh asesor mengenai pengetahuan Housekeeping, kemudian dilanjutkan dengan praktik Make-up-room dengan diberikan beberapa case dan mengevaluasi, jadi kami lebih dapat mencerna dengan baik materi yang diberikan asesor,” ungkapnya.

 

Dirinya berharap, Disbudpar Kabupaten terus mengadakan kegiatan ini karena sangat bagus, kami para peserta sangat apresiasi sekali, dan agar kuota peserta dapat ditingkatkan.

 

Hal senada diungkapkan General Manager Hotel Green Peak Rudolf, dirinya mengapresiasi kegiatan uji kompetensi yang difasilitasi oleh Disbudpar Kabupaten Bogor karena dapat meningkatkan dan menyiapkan SDM di bidang Perhotelan dan Restauran yang berkompeten.

 

“Saya berpesan para peserta nantinya dapat meningkatkan apa yang telah mereka dapat pada kegiatan saat ini dan dapat diterapkan saat kembali bekerja ditempat masing-masing, pungkasnya. (Fer)

 

 

 

 

 

Editor : Pik

One thought on “Disbudpar Kabupaten Bogor Adakan Uji Kompetensi Bidang Housekeeping

  1. Diharapkan kegiatan sertifikasi kompetensi karyawan hotel dikawasan Kabupaten Bogor melalui Disbudpar Kabupaten Bogor, dapat berlanjut, baik bidang Housekeeping, Food&Beverage Service , Food Product, dan Front Office, sehingga Hotel Hotel dapat bersaing dengan peningkatan SDM dan Pelayanan, LSP-CKPNI siap membantu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.