Gelar Pelatihan SAR, BPBD Kabupaten Bogor Ciptakan Relawan Bencana

KABAR FAKTUAL, CISARUA – Untuk meningkatkan skill para relawan yang bergerak di bidang penanggulangan bencana, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor menggelar latihan Search and Rescue Dasar dan Lanjutan. Kegiatan yang dilaksanakan selama empat hari itu , digelar di Hotel Pesona Anggraini, Kampung Balekambang Pesanggrahan RT 01 RW 01 Desa Citeko, Kecamatan Cisarua Kabupaten Bogor.

“Selama empat hari, mulai Selasa (31/10/2017) hingga Jumat (3/11/2017), BPBD Kab Bogor menggelar kegiatan SAR untuk para relawan Penanggulangan Bencana. Pesertanya sebanyak 225 orang, yang merupakan perwakilan dari desa-desa di wilayah Kabupaten Bogor,” ujar Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kab Bogor Sumardi.

Lebih lanjut Sumardi mengatakan, dengan luas wilayah Kabupaten Bogor yang mencapai 40 kecamatan dan berbagai potensi bencananya, tidak mungkin 100 personil BPBD Kabupaten Bogor mampu menghandle setiap bencana itu dengan baik. Karena itulah, peran serta masyarakat sangat diharapkan, sehingga bisa meminimalisir korban pada setiap bencana alam yang terjadi di wilayah Kabupaten Bogor. “Wilayah Kab Bogor sangat luas dan potensi bencananya juga cukup tinggi. Karena itulah, kita ciptakan relawan penanggulangan bencana berbasis masyarakat, sehingga masyarakat bisa berperan aktif dalam setiap bencana yang ada,” katanya.

Sumardi mengatakan, untuk menjadi relawan penanggulangan bencana memiliki beberapa persyaratan, diantaranya WNI yang berusia minimal 18 tahun, sehat jasmani dan rohani, memiliki jiwa relawan, semangat mengabdi dan memiliki pengetahuan dan keahlian yang bermanfaat dalam penanggulangan bencana. “Selain itu, ada juga persyaratan lainnya, semisal tidak sedang tersangkut kasus hukum,” katanya. (opik)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.