HMI Jayapura Gelar Aksi sosial Untuk Korowai

Jayapura – Kabar Faktual

kurangnya perhatian kesehatan dalam Kasus korowai dari pemerintah, Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang jayapura melakukan aksi penggalang dana di jalan raya abepura. Selasa (7/11/17) kemarin.

 

Kordinator Aksi Putra Rumagia yang juga Ketua Bidang PTKP HMI Cabang Jayapura mengatakan HMI jayapura merasa terbangun dan sedih melihat keadaan di korowai, sehingga tergerak aksi untuk penggalangan dana dan peduli atas isu Kesehatan yang dialami oleh warga di Korowai, Kabupaten Asmat Papua.

 

“Kini sudah kali kedua kami melakukan aksi sosial untuk korowai, Sumbangan uang yang terkumpul nantinya kami akan membelanjakan pakaian layak pakai, selimut, sabun mandi, dan kebutuhan lainya, karena kami belum tahu persis kebutuhan yang tepat bagi saudara-saudara di Korowai.” Tandasnya.

Foto salahsatu warga kurang gizi

Tercatat KOPKEDAT (Komunits Peduli Kemanusiaan Daerah Terpencil) PAPUA mencatat sekurangnya 5 Tahun terakhir terhitung dari 2011 sampai 2016 ada 64 orang meninggal di brukmakot Yahukimo. Dalam rilis yang lainnya tercatat juga ada 37 Orang yang mengalami Kaki Gajah di Brukmakot sejak tahun 2016 sampai April Tahun 2017.

 

Ia menambahkan, tercatat sebelumnya, Bulan Maret 2017 ada 3 Orang meninggal. Hingga Bulan oktober 2017 ini ada 10 orang meninggal di Korowai danowage Kabupaten Boven Digoel.

 

“Dampak dari kekurangan gizi tersebut lantaran hanya mengkonsumsi sagu bakar, pisang hutan, hasil berburu, ulat sagu, dan apa yang disediakan alam. Kami harap ke depan, anak-anak Korowai juga mendapat imunisasi, seperti anak di wilayah lain.” Harapnya.

 

Dan ia pun mendesak agar dinas kesehatan Papua dan menteri kesehatan segera menurunkan tim medis ke Korowai. Wilayah suku Korowai ini luas, dan dihuni banyak sub-sub suku.

 

Wasekum (PTKP) Cabang Jayapura, Rafles menegaskan dalam waktu dekat ini HMI cabang jayapura akan distribusikan barang yang akan di krim ke korowai.

 

“Harapan kami persoalan Korowai bisa selalu ter update, dan mendapatkan perhatian serius dari Pemerintah Asmat, pihak TNI. Polri, apalagi Korowai harus menjadi isu nasional, dan juga kami apresiasi tanggap cepat yang sudah dilakukan oleh Pemprov Papua lewat Dinaskes Provinsi Papua,” tutupnya. (EFT/G/H)

 

 

 

 

Editor: Tobing

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.