Kapolda Metro Jaya: e-TLE Diharapkan Bisa Kurangi 40 Persen Angka Kecelakaan

Kapolda Metro Jaya Irjen Gatot Eddy Pramono

 

KABARFAKTUAL.COM – Pengendara mobil dan sepeda motor di Indonesia, khususnya di Jabodetabek terus meningkat setiap tahunnya. Peningkatan pengguna kendaraan pribadi tersebut dikuti dengan angka kecelakaan yang juga bertambah.

 

Kapolda Metro Jaya Irjen Gatot Eddy Pramono mengatakan bahwa angka kecelakaan meningkat setiap tahunnya hingga lima ribu kasus. Dengan penerapan kamera tilang elektronik atau e-TLE diharapkan bisa mengurangi angka kecelakaan tersebut.

 

“Bahkan korban meninggal dunia hingga 500 orang. Harapan kita dengan e-TLE bisa berkurang 40 persen terhadap angka kecelakaan ini,” ungkap Irjen Gatot kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (2/8/2019).

 

Irjen Gatot menuturkan bahwa ada lima faktor yang mempengaruhi dalam penegakan hukum. Pertama faktor petugas, kedua faktor masyarakat, sarana dan prasarana, regulasi serta budaya masyarakat yang taat terhadap peraturan lalu lintas.

 

“Budaya masyarakat ini kadang-kadang suka menerobos biar cepat, akibatnya terjadi pelanggaran lalin. Ini awal daripada muncul kecelakaan. Ini kecelakan bisa kita tekan dengan e-TLE, khususnya yang menimbulkan fatalitas,” tegas Irjen Gatot.

 

Direktorat Lalu lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya telah menerbitkan tilang elektronik sejak 1 November 2018 lalu. Bermula pada tahapan awal terdapat dua kamera e-TLE, kemudian penambahan sebanyak 10 kamera dengan empat fitur terbaru pada Senin, 1 Juli 2019.

 

Selain itu, Jenis pelanggaran yang dapat terekam oleh e-TLE pada pertama operasi, yakni marka jalan, lampu merah, traffic light (TL). Kemudian, empat fitur terbaru yakni pelanggaran ganjil genap, tidak menggunakan sabuk pengaman, menggunakan handphone saat berkendara dan kecepatan maksimal 40km/jam.

 

Dua belas kamera ini dipasang di kawasan Sudirman-Thamrin. Di antaranya, JPO MRT Senayan, JPO MRT Semanggi, JPO Kementerian Pariwisata (Kemenpar), JPO MRT Kemenpan RB, Fly Over Sudirman, Simpang Bundaran Patung Kuda, Fly Over Thamrin, Simpang Sarinah, Simpang Sarinah Starbucks dan JPO Plaza Gajah Mada. (Ars/pmj)

 

 

 

 

 

 

 

Editor : RFR

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.