Kelurahan Pakansari Tidak Mencapai Kuota Program PTSL

KABUPATEN BOGOR, (KF) – Kantor Pertanahan Kabupaten Bogor memberikan kuota sebanyak 3500 bidang kepada Kelurahan Pakansari, namun sampai saat ini yang terdata dalam Pendaftaran Tanah Sistematik Lengkap (PTSL) hanya 2409 bidang, ┬áterang Lurah Pakansari Asnari kepada kabarfaktual.com saat ditemui di kantornya di Jalan H. Zairan no.09, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, Kamis (7/9/17) sore.

 

“Jumlah kuota yang diberikan sebanyak 3500 bidang, kami hanya berhasil memverifikasi data sebanyak 2409 bidang, kuota PTSL yang tersisa kami berikan ke base camp tim 4 PTSL dan diberikan ke kelurahan lain yang kekurangan,” ujar Asnari.

 

Ia menambahkan, tidak tercapainya kuota di kelurahan Pakansari karena ada sedikit kendala dilapangan, hanya saja kendala dilapangan terdapat sejumlah tanah yang kepemilikannya tumpang tindih atau sengketa.

 

“Tanah sengketa tidak kami verifikasi hanya kelengkapan berkas saja, contoh tanah waris harus dibikinkan dulu keterangan waris, dan jika tanah itu hibah dan yang memberikan hibah masih hidup harus dikuatkan dulu dengan surat keterangan hibah nya,” ungkapnya.

 

Sampai saat ini, proses di kelurahan Pakansari dilakukan pemberkasan verifikasi data asli. “Kalau data lengkap sudah selesai dan telah dikirim ke kantor pertanahan Kabupaten Bogor dari tanggal 31 Agustus yang lalu, hanya tinggal pemberkasan verifikasi data asli saja. Dan hanya diberikan waktu satu bulan untuk menyelesaikan,” jelasnya.

 

Perihal biaya PTSL yang dibebankan kepada masyarakat, Asnari menghimbau kepada petugas yang ada dilapangan untuk tidak melakukan pungutan terhadap masyarakat.

 

“Khusus Kelurahan Pakansari, kami selalu menghimbau untuk tidak melakukan pungutan. Karena sudah ada aturan-aturannya yang mengacu pada surat keputusan bersama tiga menteri yang besaran nya hanya Rp 150 ribu,” tegasnya. (Rie)

 

 

Editor: Gunk

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.