Kereeen, New Suzuki Baleno Meluncur Jumat ini?

 

KABARFAKTUAL.COM – Setelah nyaris setahun menunggu, akhirnya Suzuki Baleno Facelift dirilis. Informasi datang dari PT Suzuki Indomobil Sales, yang meluncurkan New Baleno Jumat 20 Desember ini. Belum ada bocoran mengenai spesifikasi dan harga, namun perubahan diduga tidak banyak.

 

Bila berkaca pada langkah Maruti Suzuki di India, ubahan utama terletak di segi estetis dan fitur saja. Kurang lebih kita mendapatkan ubahan serupa, mengingat ia datang utuh dari Negeri Bollywood.

 

Meski begitu, bumbu penyegaran sukses menambah rasa pada tampilan luar. Grille didesain ulang lebih lebar dengan kontur tiga dimensi. Garis bumper meliuk dinamis ketimbang sekadar memisahkan grille ke bawah. Menyiratkan hubungan antar-elemen garis. Pun rancangannya dipahat memaksimalkan sisi terluar, menekankan lebar muka. Transformasi wajah didukung pendar mata proyektor LED.

 

Facelift ditranslasikan secara harfiah, tanpa mengubah lekuk sisi dan buritan. Sebagai pemanis, Baleno tak lagi mengenakan sepatu 16 inci berkelir silver. Yang didapat pelek 16 inci dwiwarna berpalang metalik dengan dalaman hitam.

 

Tata letak interior tetap sama, hanya saja diberikan penambahan fitur sarana hiburan. Walau terdapat konektivitas smartphone di model pendahulu, ada suntikan SmartPlay Studio. Sistem operasi ini sanggup memberikan informasi ekstra berupa update cuaca dan navigasi. Selain itu, status mobil ditampilkan melalui vehicle alert. Penumpang juga bisa mengatur personalisasi tampak muka head unit. Penyegaran suasana kabin dituntaskan oleh dominasi material fabric berwarna biru.

 

Varian RS turut dikenalkan setelah facelift, sebagai pelengkap jajaran Baleno. Pembeda utama terletak di sektor mesin dan eksterior. Mengusung jantung 1.0 L turbo, hasilkan daya 102 PS dengan torsi maksimum 150 Nm. Lebih bertenaga ketimbang unit K14B yang didapat pada model berjalan, 92,4 PS. Secara eksterior pun lebih gahar berkat rancangan rumah foglamp dan airdam, melekat jadi sebuah elemen hitam pada bumper.

 

Di India tersedia lima kasta Baleno: Sigma, Delta, Zeta, Alpha, RS. Pilihan mesin pun lebih beragam, mulai dari 1.2 L bensin, 1.3 L diesel, 1.2 L mild hybrid dan 1.0 L turbo. Untuk India sendiri tidak ada perubahan soal dapur pacu, masih berasal dari model sebelumnya. Skenario cukup berbeda di Tanah Air. Jantung pacu mengandalkan K14B 1.400 cc milik Ertiga tanpa opsi trim.

 

Melihat ketersediaan pilihan mesin, bukan tidak mungkin PT SIS mengganti jantung New Baleno. Kalau jalan pikiran mereka cenderung ekstrem, boleh jadi hijrah ke 1.2 hybrid atau 1.0 turbo. Tergantung keputusan pembentukan image, mendukung lingkungan atau ciptakan karakter sporty. Bila ternyata tak dilakukan, berarti jantung Ertiga masih diandalkan. Kita tunggu saja tanggal mainnya. (Oto.com)

 

 

 

 

 

 

Editor : Pik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.