KPw BI DKI Jakarta Gelar Festival Kopi Nusantara 2020

KabarFaktual.com – Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) DKI Jakarta akan kembali menggelar Festival Kopi Nusantara (FKN) 2020 pada 5 – 7 November 2020.

 

Berbeda dengan penyelenggaraan sebelumnya, kali ini FKN 2020 digelar secara virtual mengingat saat ini masih dalam kondisi pandemi COVID-19.

 

Deputi Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia DKI Jakarta, Luctor E Tapiheru menuturkan, FKN 2020 merupakan wujud dan peran nyata pihaknya dalam mendukung pertumbuhan industri kopi dalam negeri sebagai komoditas unggulan serta programi Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI). FKN 2020 merupakan penyelenggaraan kali kedua setelah sebelumnya diadakan tahun lalu di kawasan Kota Tua, Jakarta Barat.

 

“FKN 2020 diikuti kurang lebih 55 UMKM kopi binaan dari seluruh nusantara. Tujuan penyelenggaraan FKN 2020 mendorong pengembangan usaha dan industri kopi di seluruh Indonesia melalui capacity building, kurasi produk specialty coffee serta pelaksanaan promosi dan business matching guna perluasan pasar baik domestik maupun ekspor ke luar negeri,” ujar Luctor, Rabu (4/11/20).

 

Dikatakan Luctor, FKN 2020 terdiri dari beberapa kegiatan antara lain, business matching, seri webinar, workshop, talkshow dan beberapa kompetisi yang dilaksanakan secara virtual melalui website www.festivalkopinusantara.co.id. Selain itu, FKN 2020 juga akan menyelenggarakan webinar series dalam rangka edukasi terkait outlook industri kopi di masa pandemi.

 

Tak hanya itu, dalam rangka peningkatan capacity building UMKM kopi, FKN 2020 juga menyelenggarakan workshop terkait teknik penyajian kopi yakni roasting workshop, manual brew workshop, dan espresso workshop.

 

“Tahun lalu, ajang FKN mencatatkan nilai transaksi sebesar Rp 2 miliar. Harapan kami tahun ini bisa mencatatkan lebih dari Rp 2 miliar,” tandasnya.

 

Dia menambahkan, seluruh kegiatan dan kompetisi dalam FKN 2020 dapat diikuti oleh masyarakat luas tanpa dipungut biaya. FKN 2020 akan menampilkan berbagai hiburan secara virtual dan puncaknya adalah konser musik 7 Ruang DSS Production dengan bintang tamu Katon Bagaskara.

 

 

 

 

 

 

 

Erw/Bj | Eft

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.