Meriahnya Tradisi Cekermo di Lampung Tengah

LAMPUNG TENGAH, (KF) – Tradisi Cekermo yang diadakan oleh Muli Mekhanai Komering Nyerupa Lampung Tengah berlangsung meriah. Pasalnya, Artis Ibukota, Andika Mahesa Vokalis Kangen Band turut hadir bersama Ketua KNPI Lampung Tengah, Habibie Agung meramaikan acara tersebut.

Acara yang berlangsung Minggu (27/8/17) dibantaran Sungai Seputih Kelurahan Komering Agung dihadiri oleh ratusan masyarakat dilingkungan Kampung Komering Agung dan Komering Putih.

Cekermo merupakan tradisi budaya Bujang Gadis di Lampung sejak dahulu kala, para Bujang Gadis memasak bersama kemudian makan bersama (Bebacakan) dengan hidangan seruit yang terbuat dari sambal, lalapan, ikan yang bisa dipepes, dibakar maupun dipindang.

Ketua pelaksana, Rosim Nyerupa mewakili Muli-Mekhanai Komering Agung menyampaikan bahwa kegiatan ini dalam rangka memeriahkan HUT RI ke 72 tahun yang bertujuan untuk melestarikan tradisi muda-mudi Lampung yang sudah ada sejak ribuan tahun lalu.

“Cekermo Ini merupakan tradisi muda-mudi Lampung, melalui moment kemerdekaan, kami sengaja menggiatkan tradisi tersebut agar tidak punah apalagi didukung oleh tokoh-tokoh muda kampung seperti bang Habibi yang saat ini menjabat sebagai Ketua KNPI Lampung Tengah” Kata Rosim Saat Diwawancarai media ini.

Sementara Habibi Agung, Pria Kelahiran Komering Agung Nyerupa Ini Menyampaikan Apresiasi Atas Terselenggaranya Kegiatan Ini.

“Saya sangat mengapresiasi sekali kegiatan ini. Cekermo ini memang harus dilestarikan mengingat diera modern seperti saat ini sangat rentan sekali budaya kita terpinggirkan bahkan lama kelamaan akan hilang jika tidak digiatkan. Saya teringat saat kecil, kami (muda- mudi) dikampung Komering Agung hampir setiap Minggu mengadakan Cekermo. Apalagi dipinggir Kali Seputih sudah biasa. Namun saat ini sudah jarang dilakukan. Oleh karenanya, saya berharap Cekermo ini kedepan terus dilakukan, sebab melalui tradisi Cekermo secara tidak langsung akan memacu semangat kebersamaan, rasa soliditas kita, persatuan dan kesatuan kita terhadap daerah bahkan NKRI” Jelas Habibie Agung Yang Juga Menjabat Sebagai Ketua Umum Demisioner HIPMI Lampung Tengah Periode 2014-2017.

Vokalis Kangen Band, Andika Mahesa sempat Sock Saat Memasuki Arena Kegiatan. Sebab, dirinya baru kali ini mengisi acara dikampung apalagi dipinggir Sungai Seputih dengan kemasan tradisi Cekermo Bersama Gadis.

“Sumpah saya kaget sekali, baru kali ini saya ngisi acara dipinggir Sungai apalagi dengan kemasan sebuah tradisi budaya dimasyarakat kita. Tapi uniknya baru kali ini saya nyeruit bareng anak-anak muda penerus masa depan Bangsa Yang ada dikampung. Mereka sangat antusias, terbuka dan ramah. Saat saya dateng dilokasi, mereka menyambut saya dengan baik, nyanyi satu lagu kemudian dilanjut dengan Cekermo Nyeruit bareng mereka. Sumpah serasa menjadi bagian dari Muli-Mekhanai Komering Nyerupa. Heehee…” Sambut Andika yang tampil setengah hari menghibur masyarakat Komering Nyerupa.(irul)

 

Editor: Gunk

One thought on “Meriahnya Tradisi Cekermo di Lampung Tengah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.