Pekan Depan, Kawasaki Ninja ZX-10RR 2021 Meluncur

KabarFaktual.com – Kawasaki Racing Team (KRT) menjalani tes sebagai langkah persiapan menghadapi WSBK 2021. Dalam sesi tes yang berlangsung di Sirkuit Jerez (Spanyol) sejak lusa lalu (17/11/20), kedua pembalapnya yakni Jonathan Rea dan Alex Lowes juga kedapatan menunggangi Kawasaki Ninja ZX-10RR berwajah anyar. Lantas, inikah bentuk solid sang superbike yang akan dinikmati penggemarnya ke depan?

 

Perlu diketahui, WSBK sendiri merupakan ajang balap khusus untuk motor-motor produksi massal. Bisa dikatakan, paling relevan bagi produsen untuk mengukur kemampuan produknya secara langsung. Sama halnya Kawasaki yang sudah menerjunkan Ninja ZX-10RR sejak beberapa tahun silam. Even melalui Rea lah Geng Hijau mendulang sukses lewat gelar juara dunia enam kali berturut-turut. Hal ini pula yang diproduksi pabrikan lain untuk mengembangkan produk guna menyaingi kedigdayaan Kawasaki.

 

Tahun ini misalnya, kompetitornya turun dengan motor anyar. Sebut saja Ducati Panigale V4 R atau Honda CBR1000RR-R SP Fireblade. Sedangkan ZX-10RR belum jua mengalami ubahan masif. Meski begitu, tajinya tetap terlihat lewat gelar juara yang diraih Rea musim 2020 lalu. Meski begitu, Kawasaki Heavy Industry (KHI) tampak tak berdiam diri menghadapi kompetisi mendatang. Selain motor versi 2020, baik Rea maupun Alex rupanya uji ZX-10RR 2021. Perbedaan yang paling kentara tampak pada ‘baju balap’ yang dikenakannya.

 

Cover depan pada ZX-10RR ini berbeda jauh dengan pendahulunya. Alih-alih menggunakan winglet sebagai item untuk mendapatkan downforce, Kawasaki justru menambahkan ukuran lip spoiler di bawah lampu utama. Pun tulisan tentang bagian atas yang jua kian landai. Alhasil, membuat bintang headlamp seakan jadi tersembunyi. Hal baru juga terlihat berkat terdapatnya logo KHI yang saat ini baru ditemui pada Kawasaki H2 maupu H2R.

 

Sementara terletak terletak pada ram udara yang kian membesar dibanding ZX-10RR lama. Revisi desain pun tampak memengaruhi fairing di mana penyajiannya lebih ramping dari versi sebelumnya. Tentu tak mengubah mengubah fasad. Pengembangan jelas dilakoni Kawasaki dengan performa pengendaliannya. Rea sendiri mengungkap, sudah mendapatkan perangkat baru untuk motornya.

 

“Kami mulai mengerjakan beberapa item untuk tahun 2021 sebagai bagian dari rencana pengujian yang dikirim KHI kepada kami. Seperti biasa, kami mengumpulkan informasi dan mencoba banyak hal – fairing depan berbeda untuk memberikan tanggapan kami kepada Kawasaki, perasaan mesin, garpu depan, beberapa item rem dan ban depan untuk Pirelli Kami melakukan banyak pekerjaan dan saya membaca banyak hari ini dengan larangan bekas. Saya belum super cepat dengan larangan baru, tetapi semakin banyak putaran yang saya lakukan dengan larangan semakin cepat saya mendapatkannya. Itu masalah yang bagus untuk dimiliki! Ada kelebihan dan kekurangan dan kami memiliki banyak informasi dan penilaian semuanya sebelum kembali ke trek dan melangkah lebih jauh di Motorland minggu depan, “kata Rea lewat unggahannya di media sosial.

 

Seperti halnya pabrikan lain, pastilah ZX10-RR tersebut bakal menjadi basis untuk versi produksi massalnya. Ada satu bocoran terkait mesin. Tetap tetap mengusung tipe DOHC empat silinder dengan kubikasi total 998 cc. Konon, kemampuannya meraung di putaran atas mencapai 15.600 rpm. Perbedaan yang cukup signifikan, karena saat ini daya maksimal ZX-10R yaitu 212,9 Hp tercapai pada putaran Rp 13.500 rpm. Pastilah catatan momen puntir ikut terkoreksi dari sebelumnya 114,9 Nm / 11.200 rpm. Sayang, detil informasi terkait perubahan ZX-10RR 2021 baru terungkap Senin (23/11) mendatang. Disampaikan oleh Rea, kebaruan itu akan diperlihatkan Kawasaki Eropa melalui saluran Youtube.

 

 

 

 

 

 

(Oto.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.