Pemkot Bogor Dorong Anak Sekolah Hingga Tamat Tingkat SMA

KOTA BOGOR, (KF) – Rata-rata lama usia sekolah di Kota Bogor sekitar 10 tahun. Itu artinya anak-anak usia sekolah di Kota Bogor hanya mengenyam pendidikan hingga di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) atau di Sekolah Menengah Atas (SMA) tetapi tidak sampai lulus.

 

Sehingga akhirnya mereka ini tidak dapat bersaing dengan para lulusan pendidikan yang jauh lebih tinggi. Untuk para laki-lakinya, mereka hanya bekerja serabutan atau tidak tetap seperti menjadi tukang bangunan atau berprofesi sebagai driver ojek online. Sedangkan untuk perempuan, mereka hanya bekerja sebatas menjadi asisten rumah tangga.

 

Pernyataan itu disampaikan Wali Kota Bogor Bima Arya saat menjadi salah satu pembicara pada sarasehan dan diskusi ketenagakerjaan Kota Bogor tentang arah kebijakan ketenagakerjaan dalam rangka mengurangi angka pengangguran di The Podium Hall Spaces Lippo Plaza Ekalokasari, Jalan Siliwangi, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor, Selasa (29/8/17).

 

“Jadi strategi kita (Pemerintah Kota Bogor) adalah meningkatkan lamanya usia sekolah, paling tidak sampai lulus SMA. Seperti tadi disampaikan Pak Kadis tadi (Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Samson Purba), bahwa harus fokus pada vokasinya atau keterampilannya,” papar Bima.

 

Itulah salah satu persoalan yang saat ini oleh Pemerintah Kota Bogor sedang diatasi dan dikoordinasikan. Oleh sebab itu, kata wali kota, dirinya selalu menanyakan soal tenaga kerja yang bekerja di perusahaan-perusahaan yang ada apakah para karyawannya berasal dari Kota Bogor.

 

“Makanya kadang saya agak sedih ketika menanyakan saat berkunjung ke perusahaan-perusahaan atau tempat usaha kalau ternyata justru karyawannya berasal dari luar. Tetapi ini kembali ke soal skill. Tapi masa iya untuk sekadar office boy nggak bisa dari Kota Bogor,” tuturnya. (Rie)

 

 

Editor: Tobing

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.