Pendamping Desa Kecamatan Muara Gembong Lakukan Monev Kegiatan Dana Desa

 

KABARFAKTUAL.COM – Tim Kecamatan Muara Gembong beserta Pendamping Desa (PD) dan pendamping dari kecamatan melakukan monitoring dan Evaluasi (Monev) Realisasi Dana Desa Tahun 2019 tahap 1 yang diperuntukan untuk infrastruktur dan Drenase, Kamis (26/7/19).

 

Karnadi, selaku Pendamping Desa Pemberdaya Kecamatan Muara Gembong, kepada Kabarfaktual.com, mengatakan monev yang dilakukan tersebut merupakan bagian dari pengawasan terhadap pelaksanaan dana desa, khususnya dalam menjaga akuntabilitas penggunaan Dana Desa.

 

“Pengawasan dilakukan Tim Kecamatan, untuk mengevaluasi dan memantau anggaran dana desa yang di kucurkan dari Pemerintahan pusat,” kata Karnadi.

 

Ia berharap realisasi anggaran dana desa di wilayah kerjanya itu bisa diserap sesuai dengan aturan yang ada, dan tidak terjadi penyelewengan.

 

“Monev ini kita lakukan di Enam desa, Yaitu Desa Pantai Mekar, Pantai Sederhana, Pantai Bahgia, Pantai Bakti, Jaya Sakti dan Pantai Harapan Jaya, kecamatan Muara Gembong Kabupaten Bekasi,” ucapnya.

 

Ditambahkan, Kasi Pemerintahan Kecamatan Muara Gembong, Kabupaten Bekasi, Hasan Basri mengatakan salah satu dari kegiatan monitoring ini melakukan pembinaan dan monitoring Evaluasi di masing masing desa di Kecamatan Muara Gembong.

 

Menurutnya, pembinaan dan monitoring ini bertujuan untuk mendata secara langsung serta mencocokan ulang data yang ada di Pemerintahan kecamatan. Pasalnya, harus sesuai peruntukan Anggaran Dana Desa (ADD), yakni memberikan dampak positif kepada perekonomian warga.

 

“Jika ditemukan perbedaan maka kami akan melakukan perbaikan data, agar Kepala desa yang kelola pemerintah desa ini bisa berkembang dan memberikan manfaat kepada warga,” tuturnya.

 

“Seperti kita ketahui, meski keuangan dikelola langsung pemerintah desa, harus melibatkan masyarakatdan bisa melihat kegiatan yang berada di lingkungan masing masing,” tambahnya. (Acep)

 

 

 

 

 

 

 

 

Editor : Pik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.