Resmi Dibuka, Pembukaan Festival Kopi Nusantara 2020 Berlangsung Secara Virtual

KabarFaktual.com – Festival Kopi Nusantara (FKN) 2020 resmi dibuka dengan seremonial secara virtual oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria (Ariza) bersama Direktur Kantor Perwakilan Bank Indonesia DKI Jakarta, Luctor Ertemergo Tapiheru dan Deputi Gubernur Bank Indonesia, Rosmaya Hadi.

 

FKN 2020 yang diinisiasi oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia DKI Jakarta bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dan sejumlah stakeholders tersebut mengangkat tema “Maju Bersama Kopi Nusantara” berlangsung mulai 5-7 November 2020.

 

Direktur Kantor Perwakilan Bank Indonesia DKI Jakarta, Luctor Ertemergo Tapiheru mengatakan, penyelenggaraan Festival Kopi Nusantara ini bertujuan mendukung program nasional bangga buatan Indonesia dan mendorong pertumbuhan perekonomian.

 

“Kita juga ingin membantu petani dan pelaku usaha kopi yang juga terdampak pandemi COVID-19,” ujarnya, Kamis (5/11/20).

 

Luctor menambahkan, produk kopi yang mengikuti FKN 2020 dengan jumlah 55 peserta telah melalui tahapan kurasi.

 

“Kami berharap kurasi ini menggambarkan kualitas produk kopi yang baik. Melalui FKN 2020, kami harapkan menjadi pembuka hubungan bisnis antara petani dan pelaku industri kopi, khususnya di Jakarta,” terangnya.

 

Sementara itu, Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ariza menyambut baik prakarsa FKN 2020. Terutama, untuk menjadikan Jakarta sebagai hub atau penghubung strategis perdagangan domestik dan internasional.

 

“Jakarta memiliki daya tarik luar biasa, terlebih dalam industri kopi. Banyak kedai kopi saat ini bermunculan di Jakarta,” terangnya.

 

Ariza menjelaskan, pelaku bisnis kopi di Jakarta juga banyak didominasi generasi muda. Mereka sangat peka dalam menangkap peluang besar karena kopi bukan sekadar bisa dinikmati, tapi sudah menjadi gaya hidup.

 

“Saya meyakini peran Jakarta bisa dilaksanakan dengan baik, mendorong ekonomi kreatif di Jakarta,” ucapnya.

 

Ariza mengajak masyarakat luas untuk menjadikan produk kopi nusantara sebagai tuan rumah di negeri sendiri.

 

“Ini perlu kolaborasi semua pihak. Selamat atas penyelenggaraan FKN 2020, memberikan semangat kemajuan kopi nusantara,” tuturnya.

 

Salah seorang narasumber webinar FKN 2020, pelaku bisnis kopi, Harison Chandra yang merupakan Founder Otomans Coffe mengungkapkan, kualitas kopi yang baik akan meningkatkan daya saing. Untuk itu, pembinaan dan pelatihan kepada petani kopi di Indonesia juga sangat diperlukan.

 

“Ada peningkatan konsumsi kopi setiap tahun. Namun, memang di tahun 2020 ada penurunan karena faktor pandemi COVID-19. Kami tetap optimistis menjalani usaha ini karena proyeksi di tahun 2021 akan kembali meningkat, bahkan hingga dua kali lipat,” tandasnya.

 

Untuk diketahui, rangkaian kegiatan GKN 2020 antara lain, business matching, seri webinar, workshop, talkshow dan beberapa kompetisi yang dilaksanakan secara virtual melalui situs www.festivalkopinusantara.co.id. Selain itu, FKN 2020 juga akan menyelenggarakan webinar series dalam rangka edukasi terkait outlook industri kopi di masa pandemi.

 

Tak hanya itu, dalam rangka peningkatan capacity building UMKM kopi, FKN 2020 juga menyelenggarakan workshop terkait teknik penyajian kopi yakni, roasting workshop, manual brew workshop, dan espresso workshop.

 

FKN 2020 akan menampilkan berbagai hiburan secara virtual dan puncaknya adalah konser musik 7 Ruang DSS Production dengan bintang tamu Katon Bagaskara.

 

 

 

 

 

 

 

Erw/Bj | Eft

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.