Tak Bermasker, 10 Orang Kena Denda

KabarFaktual.com – Dalam operasi yustisi di Pasar Jambu Dua pada Kamis (12/11/20). Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Bogor bersama jajaran Puskesmas Tanah Sareal berhasi menjaring belasan orang yang melanggar protokol kesehatan (Prokes).

 

Dalam operasi itu, petugas berhasil menjaring 11 orang pelanggar yang tak menggunakan masker ketika beraktivitas di luar rumah. Sebanyak 10 diantaranya langsung dikenakan denda, sementara satu lainnya memilih disanksi sosial.

 

“Dendanya Rp50 ribu. Kalau memilih sanksi sosial, mereka akan menyapu dan memunguti sampah di sekitaran lokasi,” ujar Kepala Satpol PP, Agustian Syah si lokasi operasi.

 

Menurut Agus, sanksi tersebut sudah sesuai dengan Peraturan Wali Kota (Perwali) Nomor 107 Tahun 2020 tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar Dalan Penanganan Covid-19.

 

“Masyarakat harus paham virus corona masih ada, dan Kota Bogor masih menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Mikro dan Komunitas (PSBMK),” tegasnya.

 

Mantan Camat Bogor Tengah itu menegaskan, pihaknya akan menggelar operasi yustisi itu setiap harinya di tempat-tempat keramaian secara acak, demi menekan penyebaran Covid-19. Sebab, hingga saat ini Kota Bogor masih berstatus zona oranye (risiko sedang) penularan virus corona.

 

“Kami meminta agar masyarakat dan pelaku usaha tetap mematuhi protokol kesehatan. Sebab, saat ini vaksin yang paling ampuh adalah disiplin,” tandas Demak sapaan akrabnya Kasatpol PP kota hujan itu. (kf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.