Hindari! 5 Minuman Ini Tidak Baik Dikonsumsi saat Perut Kosong, Nomor 1 Paling Sering

Hindari! 5 Minuman Ini Tidak Baik Dikonsumsi saat Perut Kosong, Nomor 1 Paling Sering
Hindari! 5 Minuman Ini Tidak Baik Dikonsumsi saat Perut Kosong, Nomor 1 Paling Sering

kabarfaktual.com – Pagi hari adalah waktu yang krusial untuk memulai aktivitas dengan baik. Namun, ada beberapa jenis minuman yang sebaiknya Hindari 5 Minuman saat perut masih kosong karena dapat memberikan efek negatif bagi tubuh. Berikut Hindari 5 Minuman lima minuman yang sebaiknya tidak dikonsumsi saat perut kosong:

  1. Kopi

Kopi adalah minuman sejuta umat dan menjadi ‘ritual’ pagi bagi banyak orang. Namun, kopi tidak disarankan untuk dikonsumsi sesaat setelah bangun tidur.

Kopi mengandung kafein yang dapat meningkatkan hormon kortisol dalam tubuh. Hormon ini berfungsi mengatur tingkat stres serta kemampuan untuk fokus. Saat bangun pagi, jumlah kortisol dalam tubuh berada pada puncaknya. Minum kopi pada saat ini dapat membuat kadar kortisol berada di atas normal, yang dapat memicu gejala seperti cemas dan gemetar. Sebaiknya, konsumsi kopi sekitar pukul 09.00-11.00 saat jumlah kortisol dalam tubuh mulai menurun.

  1. Teh

Seperti kopi, teh juga mengandung kafein yang dapat berpengaruh terhadap kortisol. Oleh karena itu, teh sebaiknya tidak dikonsumsi segera setelah bangun tidur.

Baca Juga:   Eratani, UPL Indonesia, dan BPJS Ketenagakerjaan Wujudkan Perlindungan Jaminan Sosial untuk 1.000 Petani Binaan Eratani melalui Program Setiani

Selain itu, minum teh saat perut kosong bisa meningkatkan produksi asam di lambung, yang dapat menyebabkan masalah pencernaan seperti nyeri perut dan mulas.

  1. Minuman Manis

Jika Anda suka minum minuman manis setelah bangun pagi, sebaiknya hentikan kebiasaan ini sekarang.

Mengonsumsi minuman yang tinggi gula saat perut kosong dapat menyebabkan lonjakan gula darah yang cukup tinggi. Hal ini bisa meningkatkan risiko obesitas dan diabetes tipe 2.

  1. Minuman Bersoda

Minuman bersoda atau berkarbonasi juga tidak disarankan untuk dikonsumsi di pagi hari saat perut kosong. Minuman ini dapat memicu gangguan pencernaan, mual, hingga heartburn.

Keseringan mengonsumsi minuman bersoda juga dapat meningkatkan risiko beberapa penyakit kronis. Oleh karena itu, sebaiknya pilih minuman yang lebih menyehatkan baik itu di pagi hari maupun sepanjang hari.

  1. Jus Jeruk

Meskipun jus jeruk dikenal sehat karena kaya akan vitamin C, minuman ini sebaiknya tidak dikonsumsi saat perut kosong. Jus jeruk mengandung asam sitrat yang bisa meningkatkan keasaman lambung, menyebabkan rasa tidak nyaman hingga sakit perut. Selain itu, kandungan gula alami dalam jus jeruk juga dapat menyebabkan lonjakan gula darah jika diminum tanpa asupan makanan lain.

Baca Juga:   Ketua Umum Tamalaki Wonua Konawe, Asrif Banasuru, Apresiasi Suksesnya Diklatsar Angkatan ke-8 di Kecamatan Asera

Menjaga asupan minuman yang tepat di pagi hari dapat membantu memulai hari dengan lebih baik dan menjaga kesehatan tubuh dalam jangka panjang. Pilihlah minuman yang memberikan manfaat kesehatan tanpa memberikan dampak negatif pada tubuh.