40 Partai Daftar, 16 Sudah Lengkap Unggah Data, 8 Parpol Dinyatakan Siap Ikut Pemilu 2024

JAKARTA – Sebanyak 40 partai politik sudah daftar dan memiliki akun Sistem Informasi Partai Politik (Sipol). Dari 40 itu, 16 parpol sudah unggah data lengkap dan dari 16 itu, 8 parpol sudah dinyatakan lengkap berkas fisik di Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Hal ini diketahui berdasarkan laporan harian tim Pusdatin KPU.

“Jadi laporan harian dari tim Pusdatin KPU Republik Indonesia sampai dengan jam 12.51 WIB tadi siang sudah ada 16 partai politik yang 100% mengunggah datanya ke dalam aplikasi sipol,” ujar Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Idham Holik di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Rabu (3/8/2022).

Dari keenam belas partai tersebut, delapan di antaranya dokumen partainya telah dinyatakan lengkap. Delapan partai tersebut di antaranya PDI Perjuangan (PDIP), Partai Keadilan dan Persatuan (PKP), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Persatuan Indonesia (Perindo), Partai NasDem, Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) serta Partai Garuda.

Namun, Idham belum mau membeberkan sisa delapan partai lainnya yang telah menggunggah data ke sipol itu. Ini dikarenakan data mereka belum tersubmit.

Baca Juga:   Anies Baswedan Bertemu Presiden PKS dan AHY

“Karena biasanya submit data dalam aplikasi sipol itu jelang pendaftaran. Jadi mohon bersabar kita tunggu saja nanti pada waktunya akan kami sampaikan kedelapan partai lainnya yang sudah 100 persen mengunggah data dalam aplikasi sipol,” ucapnya.

Sementara itu KPU memperbarui data partai politik (parpol) yang telah memiliki akun Sistem Informasi Partai Politik (Sipol). Saat ini ada 40 partai politik nasional yang sudah mempunyai akun Sipol.

“Ya, hari ini kami informasikan ada tambahan informasi satu parpol yang baru mendapatkan akun Sipol, jadi total parpol tingkat nasional yang memiliki akun Sipol sebanyak 40 parpol,” ujar Ketua Divisi Bidang Teknis KPU Idham Holik di kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Rabu (3/8/2022).

Diketahui input data telah dilakukan sejak 24 Juni 2022. Data tambahan partai tersebut diperbarui sejak Selasa (2/8) malam sekira pukul 21.45 WIB. Sementara itu, ada tambahan lain untuk data parpol Aceh. Parpol tersebut adalah Partai Amanah Reformasi (PAR).(SW)