Airlangga Tegaskan Ridwan Kamil Tetap Diplot Gubernur Bukan Cawapres

JAKARTA – Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menyebut berita mengejutkan (breaking news) pekan depan bukan soal pengumuman Ridwan Kamil menjadi calon wakil presiden pendamping Ganjar Pranowo.

“Tidak berkaitan itu breaking news-nya,” kata Airlangga di Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (8/9).

Airlangga belum mau mengungkap apa breaking news yang dijanjikan Ridwan Kamil beberapa hari lalu.

Dia menjelaskan bahwa sejauh ini belum ada pembahasan mengenai Ridwan Kamil menjadi cawapres Ganjar. Dia mengatakan Golkar masih fokus di Koalisi Indonesia Maju bersama Gerindra, PAN dan PBB. Dan tetap memplot RK sebagai gubernur DKI atau Jabar.

Airlangga pun belum bisa memastikan apakah Golkar akan mengusung Ridwan Kamil atau tidak di Pilpres 2024 nanti.

“Ya nanti akan ada pembicaraan. Di saat sekarang, Golkar konsentrasi pada Koalisi Indonesia Maju,” ujarnya.

Beda halnya dengan kans Ridwan Kamil dicalonkan kembali sebagai gubernur Jawa Barat. Airlangga mengatakan Golkar sudah menyiapkan hal itu.

“Kalau gubernur sudah disiapkan,” ucapnya.

Ridwan Kamil awalnya sempat menyatakan bakal ada breaking news pekan depan. Hal itu ia utarakan setelah menuntaskan masa jabatan sebagai gubernur Jawa Barat.

Baca Juga:   Airlangga Bantah Aliran Dana Luar Negeri Masuk ke Rekening Bendahara Golkar

Beberapa waktu berikutnya, ada kabar Ridwan Kamil masuk bursa cawapres Ganjar. Hal itu dikonfirmasi politikus PDIP Masinton Pasaribu, petinggi PDIP Ahmad Basarah dan Sekjen PPP Arwani Thomafi.

Masinton menyebut ada beberapa nama lainnya, yaitu Menkopolhukam Mahfud MD, mantan Panglima TNI Andika Perkasa, dan Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

“Artinya bahwa di antara nama-nama tadi ya mungkin, ya bisa saja. Tapi kan kita tidak tahu, kan keputusannya juga nanti. Ya kita tunggu saja kapan ada breaking news-nya,” ujar Masinton dalam acara diskusi publik ‘OTW 2024’ KedaiKOPI di Jakarta Pusat, Kamis (7/9).(SW)