Dispar Manado Gelar Workshop Pengembangan Tahura Gunung Tumpa

TAMAN Hutan Raya (Tahura) Gunung Tumpa HV Worang merupakan salah satu destinasi pariwisata andalan di Kota Manado. Dalam upaya pengembangan destinasi wisata tersebut, Dinas Pariwisata Kota Manado menggelar Workshop Sinkronisasi Perencanaan Kegiatan Pengembangan dan Pemanfaatan Lokasi Taman Hutan Raya Gunung Tumpa HV Worang di Hotel Grand Puri Manado, Selasa, 22 Maret 2021.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Manado, Dra Lenda Pelealu MSi mengatakan kegiatan workshop ini bertujuan untuk mensinkronkan perencanaan kegiatan. “Tujuannya pembangunan antar perangkat daerah terkait di lokasi destinasi wisata, sekaligus menyusun dokumen perencanaan kegiatan atraksi, aksesibilitas dan prasarana umum, fasilitas umum dan fasilitas pariwisata di destinasi wisata,” terangnya.

Jebolan STPDN Jatinangor ini menambahkan, pembangunan destinasi wisata akan makin optimal jika semua perangkat daerah terkait bisa merencanakan pembangunan secara kolaborasi. “Tahura Gunung Tumpa HV Worang sangat potensial untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Kota Manado. Untuk itu perlu adanya pembangunan kepariwisataan yang dikembangkan,” harap Lenda.

Lanjutnya, pertumbuhan dan pemerataan ekonomi untuk kesejahteraan rakyat juga harus jadi perhatian. “Pada prinsipnya semua komponen harus saling bersinergi dan mensinkronkan perencanaan agar tercipta destinasi wisata yang memiliki keanekaragaman, keunikan dan kekhasan budaya serta untuk kebutuhan manusia sekaligus menjadikan Manado Kota Pariwisata Dunia,” tutup Lenda.(ale/*)

Baca Juga:   Mengkritisi Kepopuleran Biosaka