running text
2 KKB Papua Tewas Kontak Tembak dengan TNI - Starlink Merambah Indonesia, Operator Seluler Lain Terancam - Pimpinan redaksi dan manajemen Kabarfaktual.com mengucapkan: Selamat Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 H/ 2024. Baca berita di Kabarfaktual.com, informasi akurat dan terpercaya. Temukan berita-berita melalui akun sosial media Kabarfaktual.com.

Gudang Peluru Milik Kodam Jaya di Gunung Putri Meledak

JAKARTA – Kepala Dinas Penerangan TNI AD (Kadispenad) menyatakan gudang peluru atau gudang amunisi yang terbakar adalah miliknya. Gudang peluru tersebut adalah milik Komando Daerah Militer Jayakarta (Kodam Jaya) yang punya wilayah meliputi DKI Jakarta.

“Jadi memang kita konfirmasi telah terjadi kebakaran Gudang Munisi Daerah Kodam Jaya,” kata Kadispenad, Brigjen Kristomei Sianturi, kepada wartawan, Sabtu (30/3/2024).

Lokasi persis Gudang Munisi Daerah (Gudmurah) itu ada di Kampung Parung Pinang, RT 01/RW 11, Desa Ciangsana, Kabupaten Bogor. Warga setempat kini sedang dievakuasi menjauh dari lokasi gudang peluru yang terbakar.

“Warga sekitar sudah kita evakuasi, dengan berkoordinasi dengan desa, RT/RW, dan Babinsa setemapt, berkoordinasi dengan pemadam kebakaran, serta instansi-instansi terkait, untuk membantu mengevakuasi mengamankan masyarakat setempat ke tempat yagn lebih aman,” kata Kristomei.

Saat ini, para personel damkar sudah berada di lokasi. Sementara, mereka melindungi permukiman warga setempat supaya tidak ikut terdampak ledakan ini. Potensi ledakan masih ada karena objek yang terbakar adalah gudang amunisi alias gudang peluru.

Baca Juga:   Ippmik Jakarta Apresiasi Program Jum'at Curhat Polres Konawe dan Polsek Se Kabupaten Konawe

“Masih, selama masih banyak amunisinya,” kata Komandan Regu (Danru) Sektor Gunung Putri Damkar Kabupaten Bogor, Eko, kepada wartawan saat dihubungi sekitar pukul 19.30 WIB tadi.

Sementara itu, Ledakan gudang peluru di Gunung Putri, Kabupaten Bogor, mengejutkan warga yang bermukim di wilayah sekitar. Polisi mengevakuasi warga perumahan di Kota Wisata Cibubur agar sementara menjauh dari lokasi ledakan.

“Kami sedang melaksanakan evakuasi warga di perumahan Kota Wisata Cibubur agar menjauh dari lokasi ledakan,” kata Kapolres Bogor AKBP Rio Wahyu Anggoro Sabtu (30/3/2024) pukul 20.30 WIB.

Lokasi gudang peluru ada di perbatasan antara Kabupaten Bogor dengan wilayah Kota Bekasi. Ledakan terjadi pada waktu sekitar isya tadi.(SW)