Pandemi Covid-19 Segera Berakhir, Pemerintah Siap Umumkan

JAKARTA- Pandemi Covid-19 segera berakhir, pemerintah siap umumkan kabar gembira tersebut ke publik. Berdasarkan pengumuman badan kesehatan dunia WHO telah menyatakan pandemi akan segera berakhir.

Saat ini dampak dari covid-19 tidak lagi mematikan seperti di awal pandemi covid-19. Kini yang perlu diwaspadai hanya pada orang berpenyakit kronis bawaan.

Dampak yang tidak terlalu mematikan ini karena sebagian besar orang telah divaksin dua kali. Kini pandemi Covid-19 sudah seperti penykit demam pada umumnya.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sendiri memberikan sinyal pemerintah segera menyatakan pandemi COVID-19 berakhir. Jokowi mengatakan kasus COVID-19 kini sudah melandai.

“Pandemi memang sudah mulai mereda, mungkin sebentar lagi juga akan kita nyatakan pandemi sudah berakhir,” kata Jokowi dalam acara peluncuran gerakan kemitraan inklusif untuk UMKM naik kelas seperti disiarkan akun YouTube Sekretariat Presiden, Senin (3/10/2022).

Jokowi mengatakan situasi ketidakpastian melanda seluruh negara di dunia. Menurut Jokowi, kondisi ekonomi dunia pun sedang tidak baik-baik saja.

“Situasi ekonomi dunia sekarang ini betul-betul pada posisi yang tidak baik-baik saja,” ujar Jokowi.

Baca Juga:   Walikota GSVL Hadiri Munas Apeksi di Istana Negara

“Ketidakpastiannya sangat tinggi semua negara pada posisi yang sangat sulit sekarang ini bahkan negara-negara maju pun berada pada posisi yang sangat sulit,” imbuh Jokowi.

Jokowi juga telah memerintahkan Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin untuk berkonsultasi dengan Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus mengenai status pandemi COVID-19. Konsultasi terkait kebijakan lokal pengurangan pengetatan prokes.

“Presiden minta saya untuk konsultasi dengan Dirjen WHO. (Presiden juga) bilang kalau ada kebijakan-kebijakan lokal mengenai pengurangan pengetatan dari prokes (protokol kesehatan) bisa dilakukan,” kata Budi, seperti dikutip Antara, Senin (3/10).

Budi mengingatkan kewenangan untuk mencabut secara resmi status pandemi COVID-19 tetap ada di tangan WHO. Sebab, kata Budi, sifat pandemi itu tingkat dunia.

“Khusus mengenai pandemi karena ini sifatnya dunia, nanti WHO yang akan memberikan timing-nya kapan,” kata Budi.

“Pandemi itu di WHO ada namanya public health emergency of international concern. Itu nanti biasanya kapan dicabut dia akan diresmikan,” imbuh Budi.(SW)