Utut Bantah Effendi Simbolon Caleg PDIP Digantikan Ferdinand Karena Dukung Prabowo

JAKARTA – Mantan politikus Partai Demokrat Ferdinand Hutahaean mengaku maju caleg DPR dari PDIP menggantikan posisi Effendi Simbolon di 2024. Ketua Fraksi PDIP DPR Utut Adianto hal itu tidak terkait dengan pernyataan Effendi terhadap Prabowo.

“Nggak, nggak. Partai kami kan sudah memiliki ukuran, kalau memang ada hukuman tidak ada yang sifatnya block gitu, nggak ada. Semua orang punya jasa kepada partai ini,” kata Utut kepada wartawan di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jumat (4/8/2023).

Utut menekankan Effendi Simbolon memiliki kontribusi kepada partai. Dia pun menyebut sikap Ketum PDIP Megawati Soekarno yang tidak membeda-bedakan kader alias selalu mempersatukan.

“Bang Effendi juga punya jasa. Orang saya kecil sekali, ada yang besar sekali. Ibu Mega tokoh kharismatik yang menyatukan kita. Jadi harus dikau pelajari antara legalitas dan legitimasi,” katanya.

Wakil Ketua Komisi I DPR ini mengatakan proses pencalegan di KPU masih bersifat tahapan dan belum final.

“Kan kita masih diberi kesempatan oleh KPU untuk memperbaiki daftar calon sementara. Perbaikannya itu mulai dari Minggu tanggal 6 (Agustus) sampai 11, nanti diverifikasi ulang tanggal 13 sampai 29. Jadi ini masih tahapan. Kalau saya sendiri, ya, siapa-siapa yang nyaleg juga nggak hafal dan nggak tahu,” kata Utut.

Baca Juga:   PDIP Bakal Minta Ganjar Klarifikasi Soal Siap Capres

“Kalau Bang Effendi itu senior kita. Kalau Bang Effendi berbicara di marga Simbolon di Aryaduta 7 Juli itu pendapat pribadi beliau, bukan pendapat sebagai mewakili partai,” lanjutnya.

Ferdinand Ngaku Gantikan Effendi Simbolon

Sebelumnya Ferdinand Hutahaean mengaku maju sebagai bakal calon legislatif atau bacaleg DPR RI dari PDIP. Ferdinand akan maju dari Dapil DKI III.

“Ya benar saat ini saya terdaftar sebagai bakal caleg anggota DPR RI dari Dapil Jakarta III, Kotamadya Jakarta Barat, Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu,” kata Ferdinand saat dikonfirmasi, Rabu (2/8).

Ferdinand mengatakan pencalegan dirinya menggantikan posisi Effendi Simbolon periode ini. Dia menyebut Effendi Simbolon, anggota DPR RI 2019-2024, tidak lagi maju caleg. Effendi Simbolon memang terdaftar sebagai anggota DPR RI Dapil DKI Jakarta III.

“Saya di sana menggantikan posisi Effendi Simbolon yang tidak lagi maju sebagai caleg,” kata dia.

Ferdinand Hutahaean membeberkan alasan maju dari PDIP karena akan mendukung bacapres Ganjar Pranowo. Menurutnya, proses pencalegan dirinya masih menunggu proses penetapan Daftar Calon Tetap (DCT) di KPU RI.

Baca Juga:   Sah, Erick Thohir Tantang La Nyalla di Pemilihan Ketum PSSI

“Saya maju sebagai bakal caleg dari PDI Perjuangan yang saya anggap cocok dengan garis politik saya, yaitu konsisten dengan Pancasila dan mencalonkan Ganjar Pranowo sebagai calon presiden. Dua alasan ini menjadi alasan utama saya bergabung dengan PDI Perjuangan,” katanya.

“Dan proses pencalegan saat ini masih berporos di KPU hingga penetapan DCT nanti pada Oktober 2023,” imbuhnya.(SW)