Walikota GSVL Hadiri Munas Apeksi di Istana Negara

WALIKOTA Manado, GS Vicky Lumentut yang juga selaku Ketua Dewan Pengawas Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi), menghadiri Musyawarah Nasional (Munas) Apeksi, yang dibuka, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). Acara yang mengusung tema ‘Penguatan Kapasitas Pemerintah Daerah Dalam Penanganan dan Pascapandemi Covid-19’ itu digelar secara terbatas dan virtual di Istana Negara, Jakarta, Kamis, 11 Februari 2021 serta dihadiri para peserta melalui konferensi video.

SAMBUT: Presiden Jokowi bersama Walikota GSVL bersalaman sebelum pembukaan Munas APEKSI dimulai.

Presiden, dalam kesempatan tersebut, menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemerintah kota di seluruh Indonesia yang telah bersama-sama bergerak untuk menangani pandemi Covid-19 beserta dampak yang ditimbulkannya. Namun, Presiden mengingatkan bahwa tugas tersebut belumlah usai. “Saya ingin tegaskan bahwa pandemi Covid-19 belum berakhir. Kita tetap harus bekerja keras. Kita juga harus semakin detail untuk menemukan cara-cara baru dalam mengatasi permasalahan dan bahkan memanfaatkan kondisi krisis ini untuk meraih kemajuan yang signifikan,” terangnya.

BERBINCANG: Presiden Jokowi nampak bersama para pengurus APEKSI sedang berbincang.

Baca Juga:   Jokowi Tunjuk Irjen Marthinus Sebagai Kepala BNN

Sementara disela-sela kegiatan Munas Apeksi, Walikota Manado menyampaikan penegasan dan arahan Presiden dapat terus dilakukan di lapangan terkait sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat, terkait tata cara penanggulangan penyebaran Covid-19 di daerah masing-masing. “Perintah Pak Presiden kepada seluruh Walikota se-Indonesia agar terus bekerja dalam menghentikan penularan Covid-19 di daerah masing-masing,” ujar GSVL, sapaan akrab walikota dua periode ini.

SERIUS: Walikota GSVL bersama pengurus APEKSI nampak serius mendengar arahan Presiden Jokowi.

Mantan Ketua Apeksi tersebut menambahkan, seluruh jajaran pemerintah kota se-Indonesia wajib mengsosialisasikan kepada masyarakat tentang betapa pentingnya penerapan 3M dan 3T secara disiplin. “Lalukan lockdown skala mikro (kelurahan atau RT/RW) dibantu TNI/Polri, pastikan pembagian masker kepada masyarakat tetap dilaksanakan selama masa pandemi,” kata orang nomor satu di Kota Manado ini mengutip penegasan yang disampaikan langsung Presiden Joko Widodo.

PENYERAHAN: Walikota GSVL menyerahkan pataka kepada Ketua Dewan Penasehat APEKSI yang baru.

Lanjutnya, bahwa Presiden juga memastikan agar seluruh walikota se-Indonesia tetap melanjutkan pemberian vaksin yang sudah disiapkan pemerintah, serta ikut menyiapkan vaksinator di wilayah masing-masing. “Pak Presiden juga mengingatkan agar manajemen pemberian vaksinasi dapat disiapkan daerah masing-masing. Rencanakan vaksin per kluster yang banyak berinterkasi orang, misalnya pasar dan fasilitas publik lainnya. Pak Jokowi juga mengingatkan agar seluruh walikota tetap menyalurkan bantuan sembako kepada masyarakat sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” tutup GSVL.(infotorial/*)