Daerah  

Baznas Salurkan Rp10 Juta untuk Korban Angin Puting Beliung di Tongko

ENREKANG — Angin puting beliung membuat porak-poranda beberapa rumah di Dusun Buntu Dea Desa Tongko Kecamatan Baroko (14/1/2024) lalu. Salah satu rumah yang terangkat oleh badai angin tersebut adalah Becce (50). Rumahnya benar-benar ambrol, yang tersisa hanya lantai dan puing-puing berserakan.

Melihat kondisi tersebut, Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Kec. Baroko langsung turun tangan sejak hari Ahad (14/01) mengulurkan bantuan kebutuhan harian, kemudian melakukan asesmen dan membuat proposal ke BAZNAS Enrekang. Setelah dikroscek, akhirnya disepakati oleh Pimpinan BAZNAS Enrekang untuk segera menyalurkan bantuan kepada para korban angin puting beliung.

Rumah milik Becce yang tinggal bersama Ibunya adalah yang terparah, karena benar-benar hancur dan harus dibangun kembali dari awal. Besar bantuan yang diterima Becce sebesar 10 juta rupiah.

“Ini bantuan kami hantar bersama pimpinan BAZNAS dan disaksikan oleh pemerintah setempat, Pak Camat, Ketua UPZ, dan pegawai dari Kecamatan Baroko lainnya. Karena dana ini belum cukup, maka kami harap agar pemerintah setempat bersama masyarakat melakukan giat gotong royong membangun kembali rumah milik Becce,” papar H. Kamaruddin.

Baca Juga:   Polisi Tangkap Pria yang Diduga Membunuh Bocah Perempuan di Bekasi

Pimpinan BAZNAS lainnya, Ilham Kadir juga menyampaikan bahwa kehadiran BAZNAS kepada mereka yang terkena musibah seperti Becce adalah sebuah keniscayaan.

“Jelas. Harus dibantu, ini tempat tinggal yang hilang, kebutuhan pokok. Kami harap agar minggu ini segera dibangun kembali rumahnya. Saat ini Becce bersama ibunya hanya tinggal di bawa tenda. Sangat menderita.” Terangnya.

Ilham Kadir juga menyampaikan pada masyarakat luas, bahwa jangan ragu untuk menyalurkan zakat, infak, dan sedekah di BAZNAS Enrekang, sebab terbukti memberikan manfaat yang nyata bagi para mustahik. Becce yang jadi korban puting beliung adalah salah satu contohnya.

Bantuan diserahkan langsung di lokasi korban puting beliung, Dusun Buntu Dea, Desa Tongko Kecamatan Baroko, Kabupaten Enrekang, Kamis (18/01/2024).