Buruh Bergerak Tuntut Kesejahteraan, Tol Cipularang Macet Berjam-jam

JAKARTA – Kemacetan parah terjadi di ruas Tol Cipularang arah Bandung karena ditutup massa buruh di Km 117. Pengguna tol mengaku harus menempuh 8 km selama 3 jam.

“Tiga jam terjebak di Km 123 tol Cipularang hingga 115 Km. Ya masih (macet),” kata pengguna Tol Cipularang, Erma Yulihastin, kepada wartawan, Kamis (14/12/2023).

Erma, yang merupakan peneliti Klimatologi dari BRIN, membagikan kondisi di dalam tol Cipularang dalam video. Terlihat mobil yang ditumpanginya tak bergerak. Lalu lintas di dalam tol pun nyaris berhenti.

Kemudian, di lokasi yang diduduki oleh buruh, terlihat beberapa orang duduk di tengah jalan tol. Kondisi itu membuat lalu lintas tersendat.

Diketahui, PT Jasa Marga mengatakan terjadi kemacetan parah di Tol Cipularang Km 117, arah Bandung, karena ada penutupan oleh rombongan buruh.

“Kami sampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi. Update situasi lalu lintas, saat ini kembali terjadi penutupan oleh rombongan buruh di Km 117 Ruas Tol Cipularang arah Bandung,” Kepala Departemen Marketing dan Komunikasi Jasa Marga Metropolitan, Panji Satriya, dalam keterangannya.

Baca Juga:   Walikota GSVL Dampingi Mensos Risma Salurkan Bantuan Bencana Alam

Pengguna jalan diminta keluar di Km 99 dan masuk kembali di Km 120.

“Pengguna jalan diimbau untuk keluar akses Darangdan di Km 99 dan masuk kembali ke jalan tol melalui GT Padalarang di Km 120,” katanya.

Seperti diberitakan buruh berdemo menuntut kenaikan upah minimum provinsi Jawa Barat.(SW)