Demokrat Tunggu Momentum, Komunikasi dengan PKS dan Nasdem Jalan Terus

JAKARTA- Demokrat tunggu momentum, komunikasi dengan PKS dan Nasdem jalan terus. Hal ini diungkapkan Ketua Umum (Ketum) Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Seperti diketahui Nasdem sudah mendeklarasikan Capres-nya di 2024 yakni Anies Baswedan. Sementara selain dengan Nasdem, Anies juga cukup dekat dengan PKS dan Demokrat. Ketiganya intens berkomunikasi. Hal ini juga dibenarkan oleh AHY.

AHY mengungkap pihaknya tengah menjalin komunikasi intensif dengan Partai NasDem dan PKS. AHY menyebut koalisi dengan kedua partai itu tinggal menunggu momentum yang pas.

“Saya tidak bisa menjelaskan di sini sejauh mana itu, yang jelas semakin baik dan semakin intensif, tetapi berbicara timeline dan sebagainya memang menunggu momentum, politik juga adalah terkait timing, waktu dan momentumnya. Kita lihat nanti ya,” kata AHY usai menghadiri HUT ke-58 Golkar di Hall C, Jiexpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (21/10/2022).

AHY mengatakan saat ini, Demokrat, PKS dan NasDem tengah membahas visi besar terkait kerja sama mereka. Namun, AHY belum berbicara gamblang terkait visi itu.

Baca Juga:   Meski Jokowi Mengucap Giliran Prabowo, PAN Yakin Jokowi Tetap Netral

“Oh iya insyaAllah itu semua akan terus kita bangun ya, komunikasi, bukan hanya silaturahmi tetapi juga sudah semakin intensif untuk membahas visi besar, narasinya seperti apa, yang jelas kami ingin menghadirkan perubahan dan juga kemajuan-kemajuan untuk negeri,” ujar AHY.

“Kita tahu bahwa tidak mungkin Demokrat bekerja sendirian, kami ingin terus membangun kebersamaan dengan yang lain,” imbuhnya.

Sebelumnya, pada Selasa (11/10) lalu, AHY menyebut berhubungan baik dengan Partai NasDem dan PKS demi membentuk koalisi.

“Ikhtiar untuk hadirkan koalisi perubahan terus kami lakukan dan tentunya komunikasi Partai Demokrat, NasDem dan juga PKS semakin intensif. Seringkali tidak tampak di media,” papar AHY di GOR Ciracas, Jakarta Timur, Selasa (11/10).

AHY mengatakan pertemuan di antara ketiga partai ini tak harus digembor-gemborkan. Yang terpenting, lanjutnya, memiliki satu visi dan semangat yang sama.

“Karena bagi kami yang penting bukan harus selalu digembor-gemborkan. Lebih baik dipertemukan dalam spirit dan juga visi, misi yang sama,” katanya.

Pihak Demokrat belum mempunyai tanggal pasti untuk mendeklarasikan kerja sama dengan partai lain. Menurutnya, ada waktu yang tepat untuk mengumumkan hal tersebut.(SW)