Daerah  

FKDM Manado Bergerak, Semprot Disinfektan di Masjid dan Gereja

FORUM Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Manado mulai bergerak. Sabtu (17/7) kemarin, forum besutan Pemerintah Kota (Pemkot) Manado ini melakukan aksi sosial penyemprotan disinfektan di masjid dan gereja yang ada di Kota Manado. Tidak itu saja, FKDM Kota Manado juga sukses melakukan penyemprotan disinfektan di salah satu panti asuhan di Kecamatan Tuminting.

Araodah H Jan, salah satu pengurus FKDM Manado mengatakan kalau penyemprotan disinfektan ini adalah bagian dari program kerja FKDM. “Penyemprotan ini bagian dari untuk mencegah covid-19. Alhamdulillah. Puji Tuhan kegiatan kami direstui, karena cuaca cerah dan sukses melakukan aksi penyemprotan di tujuh masjid,” kata Araodah dan diaminkan Sakti Kader.

Sementara Ketua FKDM Manado, Edwin Moniaga menjelaskan kalau prioritas penyemprotan disinfektan di masjid. “Kami sengaja prioritaskan masjid, lantaran umat Muslim akan melaksanakan sholat Idul Adha. Jadi kami ingin menjalankan protokol Kesehatan sesuai anjuran Kemenkes, maka FKDM Bersama PMI Sulut melakukan disinfektan di masjid dan gereja,” terangnya.

Begitupun para pengurus masjid dan gereja mendukung aksi sosial FKDM Kota Manado. “Masjid kami jamaah ratusan jumlahnya. Ada juga jamaah dari kampung sebelah dari Kelurahan Tuminting. Aksi penyemprotan ini sangat membantu kami,” ujar Abdullah Dien, Ketua BTM Awwal Fathul Mubien.

Baca Juga:   Hebat, Musda Pertama LMI Minahasa Kedepankan Toleransi

“Para jemaat senang, karena gereja kami akan melakukan acara HUT Gereja Minggu 18 Juli 2021. Atas nama pengurus ada salam ucapan terima kasih kepada FKDM Kota Manado,” ujar penatua Sugiat Kantiadhago.

Diketahui, lokasi penyemprotan berawal dari Masjid Awwal Fatul Mubin di Kelurahan Islam, berlanjut rombongan menuju Masjid Khairul Bariyah di Lingkungan V, Kelurahan Islam. Rombongan FKDM bersama PMI Manado kemudian menuju Gereja GMIM Torsina Tumumpa, di Kelurahan Maasing dan Gereja GMIM Getsemani Kelurahan Bailang. Penyemprotan kemudian berlanjut ke Panti Asuhan dan Masjid Arrahmah Kelurahan Islam, Masjid Baitul Makmur Kelurahan Mahawu dan berakhir di Masjid Alhidyah Maasing.

Nampak ikut dalam aksi penyemprotan disinfektan Ketua FKDM, Edwin Moniaga, Wakil Ketua FKDM, Letkol (purn) Sonya Gontung, Sugiat Kantiadhago, Sakti Kader, Araodah Hasan Jan, Donald Toloh, Niko Langi, James Sela, Jenry Sualang, Aswin Lumintang, Telly Kapoh dan Idam Malewa. Selain FKDM Manado, mitra dari Badan Kesbangpol diwakili Kabid di Kesbangpol, Fadly Kasim.(ale/*)