Hadi Tjahjanto Dikabarkan Bakal Dilantik Jadi Menko Polhukam Besok

JAKARTA – Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) Hadi Tjahjanto dikabarkan akan dilantik sebagai Menko Polhukam definitif besok. Plt Menko Polhukam Tito Karnavian mengaku belum mengetahui hal tersebut.

“Saya belum tahu (informasi pelantikan Hadi Tjahjanto),” kata Tito setelah acara Rakernas BNPT 2024 di kawasan Jakarta Selatan, Selasa (20/2/2024).

Tito, yang merupakan Menteri Dalam Negeri, mengatakan dirinya ditunjuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Plt Menko Polhukam sejak Mahfud Md mundur. Dia mengatakan tugasnya selesai jika Menko Polhukam definitif dilantik.

“Saya kan di dalam Keppres kan sudah jelas sekali saya menjadi Plt, pelaksana tugas Menko Polhukam setelah Pak Prof Mahfud menyatakan mengundurkan diri. Jadi di situ disebut saya menjadi Plt sampai dengan adanya pejabat definitif,” kata dia.

“Kalau misalnya Papak Presiden sudah punya pejabat definitif, berarti tugas saya sebagai Plt selesai. Saya tetap melaksanakan tugas sebagai Mendagri,” imbuhnya.

Informasi mengenai mantan Panglima TNI ini akan dilantik jadi Menko Polhukam disampaikan oleh Wakil Ketua Komisi III DPR Ahmad Sahroni. Dia menyebut Hadi akan dilantik besok.

Baca Juga:   Ganjar - Mahfud Lengket Hadiri Pernikahan Anak Mantan Ketua PBNU

“Saya dengarnya begitu, besok dilantik,” kata Sahroni saat dikonfirmasi, Selasa (20/2).

Sahroni menyebut Hadi akan mengisi kursi Menko Polhukam. Sebagai informasi, kursi Menko Polhukam sebelumnya dijabat oleh Mahfud Md. Dia memutuskan berhenti menjadi Menko Polhukam karena maju sebagai cawapres 2024.

“Terembus kabar Pak Hadi jadi Menko Polhukam,” kata Sahroni.

Sahroni pun menilai tepat jika memang benar pria berkumis itu yang mengisi posisi tersebut. “Tidak salah pilih kalau Pak Hadi jadi Menko Polhukam,” imbuh Bendahara Umum Partai NasDem itu.(SW)