Mantan Gubernur Jatim, Soekarwo Hijrah ke Golkar

JAKARTA – Mantan Gubernur Jawa Timur (Jatim) Soekarwo menjabat sebagai Wakil Ketua Dewan Pakar di Partai Golkar setelah meninggalkan Partai Demokrat.

Ketua DPP Partai Golkar Dave Laksono mengatakan berdasarkan informasi yang didapatnya bahwa Soekarno akan menjabat sebagai salah satu Wakil Ketua Dewan Pakar Partai Golkar.

“Beliau saat ini ditugaskan masuk di dewan pakar. Informasi terkahir dia akan menjabat sebagai salah satu Wakil Ketua Dewan Pakar,” kata Dave saat dikonfirmasi, Selasa (3/1/2023).

Anggota DPR RI itu menyebut pihaknya menyambut baik atas bergabungnya Soekarwo.

“Ini adalah satu keputusan yang baik dan kita menyambut (baik),” ujar Dave.

Dave menuturkan pengalaman dan pengetahuan Soekarwo akan bermanfaat bagi Partai Golkar untuk kemenangan partainya dan Airlangga Hartarto di 2024.

“Semangat beliau, pengetahuan, dan juga pengalaman beliau tentu akan bermanfaat untuk kemenangan Partai Golkar dan menuju kemenangan Pak Airlangga Hartarto dan juga dalam pengabdian Partai Golkar pada bangsa dan negara,” ucap Dave.

Selain itu, ia menerangkan Soekarwo bukan asing lagi bagi Partai Golkar.

Baca Juga:   Rakernas PAN, Jokowi ; Tolak Politik Pemecah Belah

Sebab sebelumnya pernah menjadi Sekretaris Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) Jawa Timur.

“Pernah menjabat juga sebagai Sekretaris AMPI Jawa Timur,” ungkap Dave.

Sebelum pindah ke Golkar, Soekarwo adalah pengurus Partai Demokrat.

Ia pernah menjabat sebagai Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Timur periode 2010–2019.

Pakde Karwo mundur dari Ketua DPD Demokrat Jawa Timur pada Agustus 2019 karena menjadi Komut Semen Indonesia. Tapi saat ini mengeklaim masih kader Demokrat.

Kemudian Desember 2019, Pakde Karwo dianggkat menjadi Anggota Wantimpres.

Kabar bergabungnya Soekarwo pun sudah didengar oleh Ketua DPD Golkar Jawa Timur, Sarmuji. Dia menyebut, Golkar akan menjadi rumah nyaman untuk Soekarwo menjelang Pemilu 2024.(SW)