Breaking News
Iklan
Iklan

Meski Jokowi Mengucap Giliran Prabowo, PAN Yakin Jokowi Tetap Netral

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) sempat mengucap sekarang giliran Prabowo yang jadi presiden. Ucapan itu terlontar pada acara HUT Partai Gerindra belum lama ini.

Nah kini giliran relawan Jokowi yang tergabung dalam Projo (Pro Jokowi) mendukung Prabowo. Ketua Umum Relawan Pro Jokowi (Projo) Budi Arie Setiadi menyebut siap mendukung Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto jika Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga mendukung.

Juru bicara PAN, Viva Yoga Mauladi, menanggapi sikap relawan Jokowi tersebut.
“Projo adalah relawan Jokowi di pilpres lalu. Jika Projo berencana akan mendukung Pak Prabowo, maka itu karena kreasi pribadi saja, bukan personifikasi atau representasi sikap Pak Jokowi. Karena ada juga relawan Pak Jokowi di pilpres lalu yang mendukung Mas Ganjar atau Mas Anies,” kata Viva Yoga kepada wartawan, Sabtu (12/11/2022).

Viva Yoga tak mempermasalahkan jika Projo nantinya menyatakan dukungan terhadap mantan Pangkostrad era Orde Baru itu. Namun, dia meyakini bahwa Jokowi tetap akan bersikap netral di Pilpres 2024.

Baca Juga:   Ini Kriteria Cawapres Anies Dimata Jusuf Kalla

“Saya meyakini bahwa Pak Jokowi sebagai kepala negara dan kepala pemerintahan akan bersikap bijaksana, berdiri di tengah, dan akan mengayomi seluruh pasangan calon yang akan bertanding di Pilpres 2024,” ucapnya.

“Yang utama bahwa pelaksanaan pemilu sebagai implementasi kedaulatan rakyat dapat berjalan luber, jurdil, berintegritas dan berkualitas, serta dapat melahirkan pemimpin nasional yang memiliki legitimasi yang konstitusional,” tambahnya.

Lebih lanjut, Viva Yoga menyinggung pernyataan Jokowi soal ‘kemenangan Pilpres 2024 jatahnya Prabowo’. Menurutnya, pernyataan Jokowi itu hanya bercanda dan menggoda seraya mendoakan Ketua Umum PB IPSI itu.

“Meskipun dengan nada bercanda dan menggoda, mungkin saja itu adalah ucapan doa agar Pak Prabowo terpilih di Pilpres 2024,” imbuhnya.

Ketum Projo Budi Arie Setiadi sebelumnya mengaku siap mendukung Menhan itu sebagai calon presiden di Pemilu 2024. Hal itu akan dilakukan bila Presiden Jokowi juga mendukung Menhan-nya.

“Pokoknya kita ikut Pak Jokowi. Pak Jokowi dukung Prabowo, kita dukung,” kata Budi usai bertemu Prabowo di kediamannya, Jl Kertanegara, Jakarta Selatan, Kamis (11/10).

Baca Juga:   Di Harlah ke 25 PKB, Jokowi Doakan Suara PKB Naik

Budi menuturkan, ingin belajar banyak kepada Prabowo atas sikap patriotiknya. Selain itu, Budi menyebut mantan Danjen Kopasus itu telah memberikan pelajaran untuk bersatu membangun negara.

“Kita harapkan pelajaran persatuan nasional yang diajarkan Pak Prabowo kepada kami dan juga Pak Jokowi untuk sama-sama bersatu membangun negara ini, itu adalah pelajaran yang sangat berharga,” sebutnya.(SW)