Penipu Tiket Coldplay Bikin Heboh, Ini Modusnya

JAKARTA – Pasangan suami istri (pasutri) asal Yogyakarta berinisial ABF (22) dan W (24) ditangkap usai melakukan penipuan jasa titip (jastip) tiket konser Coldplay. Berbagai macam siasat pun dilakukan mereka untuk menarik minat korban.

Dirkrimsus Polda Metro Jaya Kombes Auliansyah Lubis mengatakan keduanya membeli akun Twitter @Fintrove_id yang sudah memiliki banyak pengikut dengan harga Rp 750 ribu. Hal tersebut dilakukan agar korban percaya pada jastip yang mereka tawarkan.

“Kenapa mereka memilih twitter ini dikarenakan Twitter ini sudah lumayan follower-nya sudah cukup banyak follower-nya. Harga Twitter Rp 750 ribu,” kata Dirkrimsus Polda Metro Jaya Kombes Auliansyah Lubis kepada wartawan, Senin (22/5/2023).

Untuk meyakinkan calon korban, mereka membuat komentar di akunnya, seolah-olah komentar tersebut merupakan testimoni dari pelanggan yang sudah ‘berhasil’ menitipkan pembelian tiket konser kepadanya.

“Yang mana di dalam Twitter ini juga mereka menyampaikan bahwa seolah-olah website ini telah menjual berbagai tiket konser sebelumnya dan berhasil,” katanya.

“Jadi komentar-komentar daripada follower ini dikatakan bagus, kemudian ini bener, ini asli, dan lain sebagainya sehingga menarik masyarakat yang melihat di Twitter ini untuk membeli tiket konser Coldplay,” tambahnya.

Baca Juga:   Vonis Lebih Ringan, Teddy Minahasa Divonis Seumur Hidup

Beli Tiket Asli Terlebih Dahulu
Tak sampai di sana, untuk meyakinkan para korban, keduanya juga mengeluarkan uang terlebih dahulu untuk membeli tiket asli seharga Rp 4,5 juta dengan kategori festival. Tiket tersebut, lanjut Auliansyah, dipajang di akun Twitternya agar korban tertarik.

“Mereka juga untuk meyakinkan para korban atau masyarakat yang ingin membeli, mereka sudah memiliki satu tiket asli yang mereka dapatkan. Jadi maksudnya saya seandainya pelaku, saya sudah punya satu tiket, kemudian tiket itulah yang saya post di website. Harga tiket Rp 4,5 juta,” jelasnya.

“Di Twitter tersebut menyampaikan bahwa dia sudah berhasil menjual tiket-tiket konser yang sebelum-sebelumnya, misalnya K-pop apa dan lain sebagainya,” imbuhnya.(SW)