Sertijab Komisioner Komnas HAM, Kini Diketuai Atnike Nova Sigiro

JAKARTA – Atnike Nova Sigiro kini resmi memimpin Komnas HAM periode 2022 -2027. Selain Atnike sebagai Ketua Komnas HAM, delapan orang lainnya juga menjabat anggota komisioner Komnas HAM yang baru.

Serah terima jabatan dari anggota Komnas HAM 2017-2022 ke anggota Komnas HAM 2022-2027 digelar di Kantor Komnas HAM, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (11/11/2022).

Serah terima jabatan diawali dengan pembacaan Keppres nomor 113/P tahun 2022 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Anggota Komnas HAM.

“Saya tidak mau mengulang yang lalu, tapi kami ingin membangun sejarah baru di mana pimpinan yang sebelumnya harus memberikan estafet yang baik kepada rekan rekan yang terpilih, baik dari segi antara kompensasi dan kelembagaan maupun sebetulnya juga kaitan dengan dokumen,” kata Ketua Komnas HAM 2017-2022 Ahmad Taufan Damanik dalam sambutannya secara daring.

“Kami sudah menyiapkan puluhan berkas dokumen yang teman teman bisa baca kemudian kita bisa bahas bersama-sama pada tanggal 22-23 November sebagaimana direncanakan oleh Pak Sekjen dengan jajarannya,” tambahnya.

Baca Juga:   Ramai-ramai Tolak Gubernur DKI Ditunjuk Prsiden

Berikut daftar nama sembilan anggota Komnas HAM periode 2022-2027:

1. Atnike Nova Sigiro (Ketua)
2. Abdul Haris Semendawai
3. Anis Hidayah
4. Hari Kurniawan
5. Prabianto Mukti Wibowo
6. Pramono Ubaid Tanthowi
7. Putu Elvina
8. Saurlin P Siagian
9. Uli Parulian Sihombing

Sementara itu Atnike Nova Sigiro menyampaikan bahwa resminya siapa nanti yang akan menjabat Ketua Komnas HAM yang baru akan ditentukan Senin pada rapat paripurna Komnas HAM.

Menurut Atnike, pihaknya bakal melakukan pemilihan ulang pada Senin (14/11) nanti, termasuk dalam menentukan jabatan komisioner yang lain.

“Di dalam paripurna kami akan melakukan proses deleberasi (menimbang) kembali. Yang diumumkan DPR itu sudah melalui proses deleberasi diantara kami, tapi deleberasi DPR tentu punya tujuan tersendiri untuk mengumumkan itu,” kata Nova pada Jumat (11/11/2022).

“Saya berusaha mengambil positif nya saja lah, mungkin dengan itu tidak banyak terjadi polemik dalam proses penyusunan struktur. Tapi, semuanya itu akan melalui proses deleberasi kembali diantara kami ber 9 pada saat paripurna,” terangnya.

Baca Juga:   Kisruh Rempang, Ini Rekomendasi Komnas HAM

Lebih lanjut, Nova menambahkan jika pemilihan Ketua Komnas HAM akan dilakukan secara musyawarah. Ia pun berharap proses tersebut berjalan lancar.

“Saya nggak bilang pemilihan, tapi kami akan mulai musyawarah. Bukan cuman ketua, ini kan paripurna juga nentuin pimpinan, nentuin strukturnya,” kata Atnike.(SW)