Walikota GSVL Dampingi Mensos Risma Salurkan Bantuan Bencana Alam

MENTERI Sosial (Mensos) RI, Tri Rismaharani, Rabu, 20 Januari 2021 tiba di Kota Manado dan disambut Walikota, GS Vicky Lumentut (GSVL) untuk mengujungi langsung para korban bencana banjir dan tanah longsor. Nampak dalam kunjungan tersebut Wakil Gubernur Sulut, Steven Kandouw, Sekretaris Kota (Sekot), Micler Lakat, Kadis Sosial Kota Manado, Sammy Kaawoan dan rombongan Kementerian Sosial RI.

Pada kesempatan tersebut, walikota mengusulkan kepada Mensos Risma untuk diteruskan kepada Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi). “Salah satu solusi adalah buat pintu air dan pompa air dimuara sungai, untuk cegah air laut masuk ke sungai pada saat air pasang yang dapat mengakibatkan Rob. Usulkan juga bangun rumah susun untuk pindahkan warga yang tinggal di daerah rawan longsor,” kata GSVL yang tak lupa mengucapkan terimakasih atas kunjungan Ibu Mensos Rismaharani.

Mensos Risma bersama rombongan saat tiba di Kota Manado, langsung mengujungi korban banjir di Kelurahan Ternate Tanjung, Kecamatan Singkil. Kemudian mendatangi lokasi bencana di Kelurahan Malalayang I Barat Lingkungan II, tepatnya di lokasi korban longsor Almarhumah Meiny Pondaag, istri dari Kepala Lingkungan II. Kedatangan Mensos Risma sekaligus menyalurkan bantuan serta penyampaian pesan dari Presiden Jokowi.

Baca Juga:   Bupati Banjarnegara Donasi 200 Juta untuk Korban Bencana di Manado

Mensos Risma mengatakan bahwa tugasnya datang di Kota Manado untuk menangani korban bencana alam agar lebih cepat. “Pemda serta Taruna Siaga Bencana diminta memastikan setiap pengungsi mendapatkan makanan yang cukup. Warga yang rumahnya mengalami kerusakan diharapkan bersabar. Mengenai kerusakan berat akan ditangani lebih lanjut oleh pemerintah setempat,” ujar mantan Walikota Surabaya ini.(ale/*)