Breaking News
Iklan
Iklan

Balita AAN Meninggal Gagal Ginjal Akut Usai Minum Obat Ini

DEPOK – Balita berusia 3,8 tahun yang tinggal di Kampung Rawageni, Kelurahan Ratujaya, Kecamatan Cipayung, Depok, AAN dinyatakan meninggal dunia akibat, terjangkit gagal ginjal akut.

Ibu Kandung Balita tersebut, Soliha mengaku, sebelum meninggal dunia dan divonis terkena gagal ginjal akut, AAN sempat mengalami demam biasa, batuk serta pilek.

Kemudian, Soliha berinisiatif memberikan obat paracetamol dan obat lainnya bermerk Rhinos yang untuk anak. Rhinos Junior Anak adalah satu dari 90-an merk obat anak yang ditarik peredarannya oleh BPOM.

Usai meminum obat tersebut, dia mengaku, AAN mengalami kondisi yang kembali normal.

Selang beberapa hari, AAN justru mengalami muntah-muntah yang sangat intens. Karena panik, orangtuanya langsung membawa AAN ke Klinik terdekat.

“Awal mulanya anak saya itu hanya panas dan pilek waktu pada malam Jumat. Saya kasih obat yang dirumah, saya kasih paracetamol, pileknya obat rinos. Panas dan pileknya sudah enggak, makanya gak saya bawa dokter,” terangnya kepada wartawan, Jumat (21/10).

Setelah mendapatkan pengobatan di klinik tersebut, jelas Soliha, dokter memberikan obat lain. Selanjutnya, dia diminta membawa AAN ke dokter anak jikan mengalami kondisinya yang memburuk.

Baca Juga:   PERHIPTANI Sanggah Ada Mafia Benih di Sektor Pertanian

“Pas kerumah itu anak saya itu masih mau makan dan minum banyak, tapi yang masuk kedalem perut itu keluar lagi. Sampe keluar tidak ada isinya lagi, saya dan suami memutuskan saya bawa ke IGD Bunda Aliyah Depok,” ungkitnya.

Meski sempat membaik, kata dia, dokter di RS Bunda Aliyah Depok justru memvonis AAN terkena gagal ginjal akut stadium 3 dan merujuknya ke Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta.

Selama tujuh hari perawatan, ungkap Soliha, anaknya sempat mengalami kondisi yang membaik di RSCM. Namun tidak lama berselang, kondisinya sempat menurun dan mengalami penurunan kesadaran.

Bahkan sampai akhir hayatnya, RSCM Jakarta memvonis AAN terjangkit gagal ginjal akut stadium 6.

“Meninggalnya, Hari Minggu (16/10) 08.20 pagi. Vonis dari RSCM gagal ginjal akut stadium 6, tapi penyebabnya belum diketahui,” kata dia.(SW)