Banser NU Kembali Jaga Gereja di Jakarta

JAKARTA – Gereja Katedral Jakarta menggelar misa malam Natal pada hari ini. Sejumlah organisasi kemasyarakatan (ormas), seperti Banser NU, ikut menjaga keamanan.

Di Gereja Katedral, pukul 17.45 WIB, Sabtu (24/12/2022), sejumlah orang dari Banser NU ikut menjaga keamanan. Mereka berjaga di gerbang masuk gereja.

Selain itu, sejumlah anggota Banser NU mengatur lalu lintas. Mereka mengarahkan jemaat yang mengendarai kendaraan ke tempat parkir.

Seorang anggota Banser NU yang bertugas, Hajar Asyam (42), mengatakan pihaknya selalu menjaga keamanan Gereja Katedral setiap ada perayaan Natal. Hal ini sebagai bentuk menjaga keragaman beragama di Indonesia.

“Kita kan tiap tahun pengamanan Katedral. Sesuai dengan arahan, Menteri Agama juga telah meminta kita Ansor ikut mengamankan ibadah misa sebagai bentuk menjaga keragaman ini,” kata Hajar kepada wartawan di Gereja Katedral.

Hajar mengatakan akan melakukan pengamanan hingga pukul 23.00 WIB. Dia juga akan kembali melakukan pengamanan di Gereja Katedral besok, Minggu (25/12).

“Jam 11 selesai, Minggu pagi dateng lagi buat acara yang Minggu,” kata dia.

Baca Juga:   LGBT Penyakit Prilaku Menular, MUI dan NU Tolak Keras Kampanye LGBT

Hajar mengaku ikut mengamankan Gereja Katedral karena panggilan hati. Hal itu sesuai dengan slogan organisasinya, yang selalu siap membantu orang lain bila dibutuhkan.

“Iya betul, panggilan hati juga, karena sesuai dengan slogan Banser, yang selalu siap membantu, ada slogannya, masyarakat yang kesusahan kita siap (bantu),” katanya.

Sementara itu, pejabat Humas Keuskupan Agung Jakarta dan Gereja Katedral, Susyana Suwadie, menyebut Banser NU sudah sering mengamankan Natal di Gereja Katedral Jakarta. Susyana juga mengapresiasi atas bantuan pengamanan yang diberikan Banser NU pada tahun ini.

“Teman-teman dari ormas itu semua juga hadir, termasuk dari Banser, yang mencoba membantu keamanan di seputar Gereja Katedral supaya berjalan dengan lancar,” kata Susyana kepada wartawan.

Susyana juga berterima kasih kepada pihak Masjid Istiqlal yang ikut membantu menjaga misa Natal di Gereja Katedral. Kinerja pihak keamanan seperti TNI dan Polri juga turut diapresiasi.

“Kami Gereja Katedral mengucapkan terima kasih banyak atas dukungan dari teman-teman Banser dan ormas lainnya dan juga dari pihak dari jajaran petugas Polri, TNI, dan Satpol PP dan tidak ketinggalan badan pengelola Masjid Istiqlal,” tuturnya.(SW)