Disebut Politis Karena JIS Sudah Standar FIFA Tapi Dipaksa Direnovasi

JAKARTA – Mantan Ketua Umum (Ketum) PSSI 2019-2023 Mochamad Iriawan atau yang akrab disapa Iwan Bule buka suara terakit polemik Jakarta International Stadium (JIS) yang dinilai tidak memenihi standar FIFA.

Menurut Iwan Bule, FIFA sudah menyatakan bila JIS memenuhi standar, terutama dari segi rumput stadion saat datang dan meninjau langsung ketika dirinya menjabat.

“Ya saya tidak tahu sekarang apa rumput (JIS) tersebut akan diganti atau tidak. Yang jelas waktu FIFA datang ya itu (sudah sesuai standar FIFA) yang kami dengar ya. Tapi bisa tanyakan ke FIFA lagi aja,” kata Iwan Bule, dikutip Minggu (8/7/2023).

Sebelumnya Sekretaris Jenderal PSSI Yunus Nusi, September 2022 lalu dalam keterangannya menyatakan JIS merupakan loka tanding yang megah dan memenuhi standar FIFA.

Namun masih diperlukan perbaikan terkait sarana dan prasarana penunjang.

“Yang jelas memang dipersiapkan untuk lapangan sepak bola, tapi waktu itu sarana pendukungnya masih kurang ya. Kalau rumput segala macam tanyakan saja kepada PSSI sekarang,” tegas Iwan menambahkan.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memastikan perbaikan JIS yang diproyeksikan sebagai salah satu kandidat venue Piala Dunia U-17 meliputi banyak aspek agar sesuai dengan standar FIFA.

Baca Juga:   Serangan Israel ke Pangkalan Militer Iran Memicu Kekhawatiran Eskalasi Perang

Salah satu yang dipastikan masuk dalam daftar perbaikan Kementerian PUPR yakni kualitas rumput stadion. Menurut Basuki, rumput yang tertanam di JIS saat ini belum memenuhi standar FIFA.

Sementara itu menurut kacamata pengamat sepakbola Indonesia, Bung Towel atau Tommy Welly, menurutnya JIS sudah sesuai anjuran FIFA.

Bukan tanpa alasan mengapa JIS sudah masuk kriteria FIFA, hal itu diterangkan langsung oleh Bung Towel.

Buro Happold adalah konsultan desain utama Stadion megah yang ada di Jakarta itu, merupakan sosok ternama di dunia. Sudah ada proyek besar di dunia telah dibuat oleh Buro Happold, menurut Bung Towel.

Salah satunya adalah Stadion Tottenham, Arsenal hingga terbaru proyek kandang milik Everton.

Tentu saja, Bung Towel tidak percaya saat JIS disebut belum memenuhi standar FIFA.

Bung Towel juga menyarankan agar semua pihak menunggu pernyataan resmi dari FIFA, agar tidak terkesan sok tahu.

“Jadi yang saya tahu desain konsultan yang membangun Stadion Buro Happold. Buro Happold adalah konsultan asal Inggris, lalu konsultan Stadion Piala Dunia di Qatar,” ujar Towel, dikutip dari YouTube Abraham Samad SPEAK UP, (9/7/2023).

Baca Juga:   Pemerintah Tunggu Kabar Erick Thohir yang Datangi FIFA

Jadi logikanya agak kurang nyambung,” imbuhnya.

Tak hanya itu Bung Towel juga menyebut JIS luar biasa desainnya, dan menunggu keputusan dari FIFA.

“Saya rasa JIS si luar biasa ya, memenuhi itu(standar), meski harus tunggu lah, biar FIFA saja yang memverifikasi ketimbang belum ada yang ngomong kurang ini, kurang ini, maksud saya supaya engga kejeblos ke posisi sok tahu,” jelasnya.(SW)