IKN, Istana Presiden dan Lapangan Upacara Rampung 58,5%

JAKARTA – Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Bambang Susantono menjelaskan progres pembangunan Istana Presiden dan lapangan upacara untuk perayaan HUT ke-79 RI. Bambang mengatakan progres Istana Presiden dan Lapangan Upacara sudah 58,531%.

Hal tersebut disampaikan Bambang dalam rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi II DPR RI. Ia menjabarkan data terbaru yang didapat dari Kementerian PUPR per 29 Februari 2024.

“Sekadar mengingatkan, kita berada di tahap 1 yang tadi hingga akhir ini. Selanjutnya, per 5 tahun itu akan ada tahapan selanjutnya sehingga 2045. Jadi kota ini dibangun hingga 2045,” tutur Bambang mengawali tanggapannya, Senin (18/3/2024).

Bambang memperlihatkan progres Istana Presiden dan lapangan di IKN di angka 58,531%. Adapun target penyelesaian proyek itu pada Oktober 2024.

“Kemudian gedung kantor presiden juga terlihat bilah-bilah dari garudanya insyaallah sudah mulai terpasang dan makin lama akan terlihat jelas sayap dari garuda itu akan mewarnai dari gedung kantor presiden,” ujarnya.

Ia juga menjelaskan progres Gedung Kantor Presiden di angka 78,658% dan Gedung Sekretariat Presiden 65,195%.

Baca Juga:   Gelar Sarasehan Petani Milenial 2, Kementan Dorong Kreativitas Pemuda Perkuat Ketahanan Pangan Nasional

Bambang mengatakan untuk keseluruhan, mulai Istana Presiden dan lapangan upacara, Gedung Kantor Presiden, hingga Sekretariat Presiden akan menyentuh angka 90 persen pada Agustus 2024.

“Sekretariat Presiden itu progresnya 65 persen dan insyaallah dalam hitungan bulan nanti pada bulan Agustus kita harapkan paling mendekati, semuanya mendekati 90 persen atau mendekati penyelesaiannya,” ujarnya.

Ia mengatakan untuk rumah tapak menteri sudah berprogres di angka 85 persen. Bambang mengatakan untuk rumah menteri akan rampung pada Juni 2024.

“Ini adalah rumah tapak menteri yang sering juga diberitakan targetnya Juni ini sudah selesai,” imbuhnya.(SW)