Breaking News
Iklan
Iklan

Mentan: Polbangtan Institusi Andalan, Lahirkan Energi Baru Pembangunan Pertanian

andalan
Polbangtan Gowa menggelar wisuda sarjana di Aula Syekh Yusuf Kampus I Gowa pada Rabu (23/08/2023) – Sumber: Humas Polbangtan

GOWA – Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Gowa adalah salah satu kampus vokasi di bawah Pusat Pendidikan BPPSDMP Kementerian Pertanian.

Kampus yang sebelumnya bernama Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP) tersebut bertransformasi menjadi politeknik pembangunan pertanian (2018) dengan misi menjadi Politeknik unggul dalam menyiapkan sumber daya manusia yang maju, mandiri, dan modern.

Polbangtan Gowa menggelar wisuda untuk 491 sarjana terapan yang berasal dari program reguler dan rekognisi pembelajaran lampau (RPL) di Aula Syekh Yusuf Kampus I Gowa pada Rabu (23/08).

Acara yang digelar secara hybrid, dihadiri Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian, Dedi Nursyamsi yang juga melakukan prosesi pemindahan kuncir toga wisudawan.

Para wisudawan tahun ini terdiri atas program studi (Prodi) penyuluhan pertanian berkelanjutan dan Prodi penyuluhan peternakan dan kesejahteraan hewan. Ada 165 peserta yang mendapatkan predikat pujian, terdiri dari 60 orang wisudawan RPL dan 105 orang wisudawan program regular.

Dalam sambutannya Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan bahwa Polbangtan adalah salah satu institusi andalan yang menghadirkan pertanian yang lebih maju, semakin mandiri dan modern.

“Polbangtan Gowa adalah salah satu institusi yang menjadi andalan untuk menghadirkan pertanian yang lebih maju, semakin mandiri dan modern. baik bagi petani, negara dan daerah” sebut Mentan Syahrul.

“Oleh karena itu kalian sebagai lulusan-lulusan yang telah dilatih dan digodok serta ditempa dengan kuat di Polbangtan, menjadi andalan dan energi pertanian di daerah masing -masing dimana kalian berada. saya berharap lulusan Polbangtan yang ada di seluruh Indonesia khususnya Gowa, mampu berkontribusi menghadirkan berbagai aktivitas pertanian yang lebih baik, lebih maju, mandiri dan modern” katanya.

Baca Juga:   Hadiri Wisuda Nasional Politeknik Kementan, Mentan SYL Ajak Millenial Gunakan Teknologi

“Saya percaya dengan lulusan yang ada ini menjadi harapan keluarga dan Kementan, menjadi petani muda yang penuh gagasan, kreativitas, mampu fight dengan tantangan serta menjadi lokomotif di tengah-tengah Masyarakat”.

“Selamat anak-anakku semoga wisuda ini menjadi kebanggaan bagi kita semua, ridha Allah bersama kalian. terimakasih kepada Polbangtan Gowa yang telah melahirkan anak-anak yang hebat” tutupnya.

Kepala Badan SDM Pertanian Dedi Nursyamsi yang turut memberikan memberikan selamat kepada para wisudawan sesaat setelah prosesi wisuda.

“Hari ini kita baru saja mewisuda para sarjana terapan baik Diploma IV maupun Diploma III, saya ucapkan selamat kepada para wisudawan. Selamat datang di dunia nyata Pembangunan pertanian nasional” ujar Dedi.

“Kalian adalah kebanggaan orang tua, keluarga dan kampung halaman. Karena tidak semua orang memiliki kesempatan kuliah di Polbangtan. Oleh karena itu yang harus dilakukan adalah bersujud kepada Ibu Bapak kalian yang telah turut mengantarkan kalian sarjana”. tambah Dedi.

Pada kesempatan ini Dedi juga memotivasi wisudawan untuk menjadi aktor Pembangunan pertanian.

“Kalian harus siap ditempatkan semua lini pembangunan pertanian mulai budidaya, panen dan pasca panen. Pembangunan Pertanian saat ini adalah dengan agribisnis, maka Pendidikan vokasi ini diciptakan untuk melahirkan kalian sebagai job creator. Kalian harus siap masuk disini membangun dan menciptakan wirausaha pertanian” ujar Dedi.

Direktur Polbangtan Gowa, Detia Tri Yunandar menyebutkan dalam laporannya bahwa pelaksanaan wisuda kali ini, sebanyak 491 orang yang terdiri dari 257 mahasiswa program reguler dan 234 rekognisi pembelajaran lampau. Para wisudawan berasal dari sekitar 35 kabupaten yang pada umumnya berasal dari pulau Sulawesi, Kalimantan maupun lainnya.

Baca Juga:   Muscab Serentak PPP se-Sulut Siap Digelar

“Pelaksanaan wisuda kali ini juga dirangkaikan dengan acara penandatanganan MoU Kerjasama dengan Universitas Negeri Makassar dan PT. Bintang Citra Asia. Selain itu diramaikan dengan kegiatan bazar, pameran produk pertanian dan pelaksanaan job fair” ujar Detia.

Dalam upaya menghasilkan qualified job creator dan job seeker, Polbangtan Gowa telah menfasilitasi mahasiswa dengan berbagai program. Terbaru misalnya Polbangtan menfasilitasi program sertifikasi serta pelatihan Bahasa dan budaya Jepang.

Dengan pelatihan tersebut berhasil meluluskan 5 orang wisudawan untuk bekerja di Jepang sebagai specified skill worker yang rencananya akan diberangkatkan akhir tahun ini.

Pelaksanaan wisuda dimeriahkan juga dengan pelaksanaan berbagai side event seperti Pelaksanaan Job Fair, Pameran Produk Pertanian dan bazar.

Kegiatan job fair melibatkan berbagai perusahaan bidang pertanian maupun peternakan seperti; PT. Bintang Sejahtera Bersama, PT. Charoen Pokphand Indonesia, PT. Papandayan Cocoa Industries (Barry Callebaut Indonesia), PT. Benih Citra Asia dan PT. Japfa Comfeed Indonesia. Tbk serta Lembaga edukasi dan penyalur tenaga kerja ke Jepang LPK Yawata Edukasi Senter.