PKS Akhirnya Deklarasi Anies Capres

JAKARTA – PKS resmi mendeklarasikan dukungan kepada mantan gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden (bacapres) di Pemilu 2024. Langkah ini menyusul Partai NasDem yang telah lebih dulu mengusung Anies sebagai capres.

“Pembahasan itu mengerucut bahwasannya sosok yang dimaksud jatuh kepada Anies Rasyid Baswedan,” kata Presiden PKS Ahmad Syaukhi di DPP PKS dikutip dari detikNews, Jl TB Simatupang, Jakarta Selatan, Kamis (23/2/2023).

“Pasca keputusan Musyawarah Majelis Syuro yang ke-VIII ini, saya instruksikan kepada struktur, anggota, simpatisan PKS di seluruh Indonesia untuk mengenalkan dan menyosialisasikan Saudara Anies Rasyid Baswedan ke seluruh pelosok dan penjuru negeri sebagai bakal calon presiden RI yang diusung oleh PKS,” kata Syaikhu.

PKS mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai capres 2024 setelah Majelis Syuro PKS menggelar musyawarah. Deklarasi ini digelar sehari sebelum PKS menggelar rapat kerja nasional (rakernas).

Sebelumnya, PKS telah menyatakan dukung Anies Baswedan di Pilpres 2024. Keputusan itu disampaikan oleh Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Sohibul Iman. Dia menyebut keputusan itu sudah menjadi hasil diskusi internal Majelis Syuro.

Baca Juga:   Kepala DLH Manado Ajak Bersinergi Atasi Persoalan Sampah

“Pertama sebagaimana ditunjukkan dalam tim kecil koalisi partai pendukung Anies Rasyid Baswedan, PKS konsisten menjadi bagian dari koalisi partai pengusung Anies Baswedan di pilpres 2024, sehingga koalisi ini memenuhi PT 20%,” kata Sohibul dalam konferensi pers, Senin (30/1/2023).

Sohibul mengatakan pihaknya juga konsisten mendukung Anies sebagai bacapres di pilpres 2024. Keputusan resmi akan disampaikan pada rakernas PKS yang digelar pada 24 Februari.

“PKS akan menyampaikan dukungan eksplisit organisatoris kepada bapak Anies Baswedan sebagai bacapres 2024-2029 pada rapat Majelis Syuro PKS yang bersamaan dengan Rakernas DPP PKS pada 24 Februari 2023,” ujarnya.(SW)