Puan Soal Kaesang: Kalau Mau, Masuk PDIP Dulu

JAKARTA – Ketua Dewan Pimpinan Pusat PDIP Puan Maharani mengajak putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) Kaesang Pangarep untuk segera bergabung dengan partainya jika memang telah berniat untuk mengikuti kontestasi politik di ajang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Depok 2024.

Meski demikian, Puan mengakui pihaknya hingga kini belum sempat bertemu langsung dengan Kaesang.

“Terkait keinginan Mas Kaesang saya sudah sampaikan, mana hayo, ‘Mas Kaesang ketemu Mbak Puan, ayo, masuk PDIP yuk’. Tapi memang saya belum sempat ketemu, belum sempat ngobrol,” ungkap Puan ketika ditemui awak media di Bandara Adi Soemarmo, Sabtu, 10 Juni 2023.

Menurut Puan, PDIP akan sangat terbuka jika Kaesang berminat untuk bergabung. Adapun untuk pencalonan Kaesang dalam Pilkada Kota Depok, Puan menyatakan tetap ada mekanisme yang berlaku.

“Kan sudah ada mekanismenya,” ucap dia.

Terpisah, dalam sebuah video berjudul “Klarikasi, Saya Buka Suara” yang ditayangkan di kanal YouTube Kaesang Pangarep by GK Hebat, Sabtu, 10 Juni 2023, Kaesang mengemukakan pernyataan resmi terkait rencananya untuk hadir sebagai Depok Pertama.

Baca Juga:   Pertemuan AHY - Puan Bisa Jegal Anies

Melalui video itu, Kaesang menyatakan bahwa dirinya telah mendapatkan izin dan restu dari keluarganya serta siap untuk hadir sebagai Depok Pertama. Ia juga meminta dukungan dari masyarakat untuk rencananya itu.

“Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, Syalom, Om swastiastu, Namo Buddhaya, Salam Kebajikan. Saya Kaesang Pangarep, saya sudah mendapatkan izin dan restu dari keluarga saya. Insya Allah dengan ini saya siap untuk hadir menjadi Depok Pertama. Mohon dukungannya, merdeka!” ujar Kaesang, dikutip dari video itu.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Kaesang mendapatkan dukungan dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI) untuk maju di ajang Pilkada Kota Depok 2024. Selain PSI, PDIP juga tengah mempertimbangkan kemungkinan untuk itu.

Sebelumnya, oleh Ketua Dewan Pimpinan Cabang PDIP Kota Depok Hendrik Tangke Allo juga sempat berkeinginan untuk menyandingkan Kaesang dengan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok Supian Suri pada Pilkada 2024.(SW)