Zulhas Bagi-bagi Uang Jadi Sorotan, Ini Kata Petinggi PAN

JAKARTA – Ketua DPW Partai Amanat Nasional (PAN) Jawa Timur Ahmad Rizki Sadig bicara soal video Ketum PAN Zulkifli Hasan (Zulhas) membagi-bagikan uang Rp 50.000 atau gocapan kepada warga, yang disorot di media sosial. Rizki mengatakan kegiatan berbagi rezeki ke masyarakat sudah dilakukan Zulhas sejak lama.

“Pertama, perlu dipahami bahwa berbagi kepada sesama, kepada masyarakat yang membutuhkan sejak dulu memang sudah jadi kebiasaan baik Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan sejak lama,” kata Rizki kepada wartawan, Rabu (13/9/2023).

Rizki mengatakan Zulhas juga kerap membantu warga dalam hal pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Menurutnya tudingan Zulhas melakukan politik uang atau money politics tidaklah tepat.

“Belanja di pasar menraktir ibu-ibu, memberikan bantuan modal bagi pelaku UMKM, bahkan berbagi ini juga dilakukan beliau saat keluar negeri,” ujar Rizki.

“Sehingga kalau ada tudingan itu politik uang jelas tidak tepat. Tidak ada ajakan memilih, tidak ada bahasa coblos siapapun,” sambungnya.

Rizki mengatakan Zulhas bukanlah calon anggota legislatif. Zulhas juga bukan kandidat capres atau cawapres, sehingga kebiasaan sang ketum bagi-bagi duit tak seharusnya dikaitkan money politics.

Baca Juga:   Cuitan Gibran Tentang Sosok E Ramai, Zulhas dan Etho Segera Tiba di Jakarta

“Sebelumnya juga viral beliau bagi-bagi uang saat kunjungan di India, apakah itu juga ada hubungannya sama money politics?” ujar anggota DPR RI ini.

Sebelumnya, dalam video yang beredar dan ramai disorot, Zulhas tampak berkeliling di salah satu kampung nelayan, mengenakan pakaian bernuansa biru. Tangan kiri Zulhas tampak memegang segepok uang bernominal Rp 50.000.

Dengan wajah tersenyum, Zulhas berjalan kaki dihampiri warga dan nelayan untuk bersalaman. Zulhas kemudian mengeluarkan uang dari kantung pakaiannya, lalu membagikan uang Rp 50.000 kepada warga dan nelayan.(SW)