Airlangga – Puan Bertemu di Monas, KIB Tetap Solid

JAKARTA – Airlangga – Puan bertemu di Monas, KIB tetap solid. Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto bertemu Ketua DPP PDIP Puan Maharani dalam sebuah acara di Monas.

Airlangga dan Puan melakukan jalan santai dan melakukan sarapan bersama. Setelahnya, mereka berkeliling dengan mobil listrik yang telah disiapkan Airlangga untuk Puan.

Meski kedua tokoh bertemu namun diyakini keduanya belum ada kata sepakat terkait pencapresan.

Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi mengaku senang atas pertemuan Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto dengan Ketua DPP PDIP Puan Maharani di Monas, Jakarta. Dia menyebut silaturahmi kedua petinggi partai itu akan mempererat hubungan PDIP dengan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) besutan Golkar, PPP, dan PAN.

“PAN mengapresiasi dan senang atas jalan pagi sehat itu karena silaturahmi dipastikan akan semakin mempererat hubungan antara PDIP dengan Golkar, yang secara otomatis juga akan semakin mempererat hubungan dengan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) bersama dengan PAN dan PPP,” kata Viva Yoga kepada wartawan, Sabtu (8/10/2022).

Viva mengatakan pertemuan Airlangga dan Puan tidak ada pengaruh buruk untuk KIB. Dia menegaskan bahwa KIB akan tetap solid.

Baca Juga:   Golkar dan PAN Geram Rommy PPP Sebut KIB Bakal Bubar

“KIB masih dan tetap solid, tidak ada yang meninggalkan dan ditinggalkan. Jika ada perubahan koalisi di KIB, bukan untuk mengurangi anggota, tetapi bertambah jumlah anggota koalisi,” ucapnya.

Lebih lanjut, Viva menyebut dari persyaratan pencalonan di Pilpres 2024, PDIP memang dapat mengusung pasangan calon sendiri. Begitu juga KIB yang sudah dapat memenuhi persyaratan presidential threshold 20% sesuai dengan Pasal 222 Undang-Undang Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu.

“Kondisi politik masih cair dan dinamis, proses komunikasi masih akan terus berlanjut. PDIP dan KIB akan terus menjalin komunikasi secara intensif untuk ke depannya dalam merumuskan peluang koalisi,” ujarnya.

Airlangga menceritakan kiprah dua partai tersebut dalam politik dan pemerintahan Indonesia. Dia mengawali ceritanya dengan mengungkapkan keberhasilan Golkar dan PDIP yang bergabung dalam koalisi presiden dan berhasil menangani beberapa permasalahan yang kini sedang dihadapi.

“Salah satu keberhasilan penangan COVID karena pemerintah mengundangkan Perpu dan UU Nomor 2 Tahun 2020 dan ini langsung disetujui parlemen yang dipimpin Ibu Puan,” ujar Airlangga.

Baca Juga:   Nyatakan Sikap Mendukung SSK-SS, Djafar Alkatiri Ajak Umat Muslim Coblos Nomor Urut 2

Sementara Puan mengatakan dirinya bersama Airlangga juga sempat menyapa masyarakat saat berkeliling Monas menggunakan mobil listrik. Dalam pertemuan itu, Puan dan Airlangga sepakat untuk terus membangun komunikasi

“Insyaallah kami akan terus menyamakan pemikiran menyamakan persepsi terus membangun komunikasi. Ini waktunya masih panjang,” ujar Puan.

“Pemilu masih butuh banyak waktu dan tadi juga saya sampaikan kepada Bu Puan terkait dengan KIB. KIB masih terus bersama untuk menjaga keberlanjutan pembangunan karena KIB ini juga partai yang berada dalam koalisi pemerintah, jadi bersama PDIP juga,” jelas Airlangga.(SW)