running text
2 KKB Papua Tewas Kontak Tembak dengan TNI - Starlink Merambah Indonesia, Operator Seluler Lain Terancam - Pimpinan redaksi dan manajemen Kabarfaktual.com mengucapkan: Selamat Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 H/ 2024. Baca berita di Kabarfaktual.com, informasi akurat dan terpercaya. Temukan berita-berita melalui akun sosial media Kabarfaktual.com.

Antusiasme Tinggi, Petani Muda Sulsel Ikuti Workshop Business Motivation Pathway

Business Motivation Pathway
Program Youth Entrepreneur and Employment Support Services (YESS) Kementerian Pertanian. (Sumber: Humas Polbangtan Gowa)

GOWA – Kementerian Pertanian terus berupaya meningkatkan produktifitas usaha tani, salah satu program kementan adalah mencetak banyak petani milenial. Kementan berkeyakinan masih banyak anak muda yang mau terjun dibidang pertanian agar mempunyai kehidupan dan ekonomi yang lebih baik.

Untuk itu Kementan menerjunkan program Youth Entrepreneur and Employment Support Services (YESS) dan dirancang untuk menghasilkan wirausahwan muda pedesaan serta menghasilkan tenaga kerja yang kompeten dibidang pertanian

Business Motivation Pathway (BMP) merupakan workshop singkat bertujuan menumbuhkan semangat kewirausahaan bagi penerima manfaat program YESS. BMP merupakan tahap awal dari rangkaian pembinaan yang dimulai dari 29 Februari hingga awal April 2024.

Workshop diadakan untuk memotivasi para peserta untuk membangun usaha di bidang pertanian atau memajukan usaha yang sudah ada, termasuk bagaimana merancang ide-ide bisnis yang berorientasi pada komoditas unggulan, pasar dan jejaring.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian Dedi Nursyamsi menyatakan program YESS yang digagas Kementan dan dilaksanakan PPIU di tingkat provinsi menjadi salah satu cara mempercepat regenerasi petani dan mencetak petani milenial.

Baca Juga:   Sukses Raih Omzet Puluhan Juta, Srikandi Milenial NTT Mendapatkan Sertifikat Emas Dari Menteri Pertanian

“Program ini juga bertujuan untuk menghasilkan wirausaha muda pertanian atau petani milenial dengan berbagai kegiatan maupun usaha yang dirintisnya.” kata Dedi.

Senada, Direktur Polbangtan Gowa, Detia Tri Yunandar mengatakan program YESS dalam implementasi kegiatannya berfokus pada Penumbuhan wirausaha di sektor pertanian.

“Melalui kegiatan Workshop Motivasi bisnis yang bertujuan menciptakan pola pikir wirausaha di kalangan pemuda sebagai sarana untuk membuat perubahan dengan kemampuan melihat peluang, kemampuan berinovasi dan memberikan nilai baru pada sebuah produk atau jasa,” kata Detia.

Dalam Workshop BMP, Project Manager YESS PPIU Sulsel, Kisman A. Arsyad menyampaikan bahwa jumlah peserta pada kegiatan workshop ini sebanyak 7.700 orang yang tersebar di 5 kabupaten wilayah program YESS yaitu bantaeng 1200 orang, bulukumba, 1200 orang, maros 1200 orang, Gowa 2250 orang dan Bone 1850 orang.

Adapun materi yang akan disampaikan pada workshop adalah Assessemen diri, Peluang bisnis berdasarkan klaster tingkat kecamatan dan bagaimana Memulai Bisnis.

Peserta pelatihan ini berasal dari pemuda-pemudi yang berasal dari kabupaten program YESS yang telah terdaftar di Management Information System (MIS) sebagai Penerima Manfaat.