Cetak Wirausaha Muda Pertanian, Inilah Gebrakan Polbangtan Kementan

Wirausaha Muda Pertanian
Cetak Wirausaha Muda Pertanian. (Sumber: Humas Polbangtan Gowa)

GOWA – Inkubator Bisnis Teknologi (IBT) Politeknik Pembangunan (Polbangtan) Gowa kembali melakukan rekruitmen tenant untuk menyeleksi calon wirausaha muda bidang pertanian.
IBT Polbangtan Gowa merupakan gebrakan dalam mendongkrak regenerasi petani khususnya dalam mencetak wirausaha muda pertanian melalui kegiatan pendampingan inkubasi yang diberikan kepada calon perusahaan pemula berbasis teknologi (startup teknologi).
Pendampingan meliputi pengembangan kewirausahaan melalui pelatihan, pendampingan bagi tenant, baik dalam proses kegiatan produksi, akses kepada sumber daya bisnis dan keuangan, pelayanan dan fasilitas publik, serta perluasan pemasaran produk demi pengembangan usaha mitra binaan.

 

Wirausaha Muda Pertanian
Cetak Wirausaha Muda Pertanian. (Sumber: Humas Polbangtan Gowa)

Program IBT tersebut merupakan upaya Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan dalam menyiapkan SDM pertanian yang unggul yang menggeluti pertaniannya bukan hanya pada proses budidaya namun juga berorientasi bisnis.

Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman menekankan tentang kualitas SDM Pertanian yang unggul, sebab dengan begitu dapat memacu target produksi dan produktivitas yang diharapkan dapat mengurangi ketergantungan impor dan meningkatkan ekspor.

Plt. Kepala BPPSDMP, Dedi Nursyamsi mengatakan bahwa fokus Kementan adalah menyiapkan sumber daya manusia pertanian sebagai pelaku pembangunan pertanian.
“Salah satu fokus BPPSDMP adalah mewujudkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal, berdaya saing, serta berjiwa entrepreneur.” papar Dedi.

Wirausaha Muda Pertanian
Cetak Wirausaha Muda Pertanian. (Sumber: Humas Polbangtan Gowa)

Dedi menekankan hal tersebut mengingat pentingnya SDM dalam pembangunan pertanian, terlebih pertanian terbukti berhasil menjadi penyangga perekonomian negara. Sehingga, perlu menyiapkan SDM pertanian dimulai sejak di bangku kuliah.

Oleh karena itu Polbangtan sebagai Kampus vokasi BPPSDMP Kementerian Pertanian berupaya merelaksasi kurikulum yang mengarahkan profil lulusannya menjadi wirausaha muda Pertanian.
Dalam Upaya mendukung keberlanjutan usaha alumninya, Polbangtan Gowa mendirikan Inkubator Bisnis Teknologi melalui program Youth Enterpreneurship And Employment Support Services (YESS) Kementan.

Baca Juga:   Bersama Pemda Bantaeng, Kementan Wujudkan Regenerasi Petani

IBT Polbangtan Gowa secara resmi terbentuk akhir tahun 2022 lalu kemudian mulai menginkubasi pada tahun 2023. Saat itu IBT Polbangtan Gowa melakukan inkubasi 3 peserta alumni dengan melakukan kegiatan bisnis hidroponik, penggemukan sapi dan produk coklat.
Sukses dengan inkubasi 3 alumninya, tahun ini IBT Polbangtan Gowa Kembali melakukan proses seleksi tenant.

Target jumlah pendaftar di tahun ini adalah 50 peserta, untuk kemudian dilakukan kegiatan bootcamp bagi para pendaftar. Dari 50 peserta tersebut akan diseleksi sebanyak 25 orang tenant untuk dilakukan pendampingan dan bimbingan oleh IBT Polbangtan Gowa.

Selain diberikan pendampingan, Para peserta yang lulus akan diberikan dana hibah masing-masing sebanyak 65 juta rupiah untuk menjalankan dan meningkatkan usahanya.
“Target pendaftar diutamakan alumni Polbangtan Gowa, namun demikian tidak menutup peluang alumni universitas lain selama berdomisili di daerah program YESS yaitu Kabupaten Gowa, Bantaeng, Bulukumba, Maros dan Bone”, Ujar Nur Rahma Manajer IBT Polbangtan Gowa.

Sebagai persiapan kegiatan rekruitmen, pada selasa, 2 juli 2024 diadakan workshop sosialisasi IBT di Kampus I Polbangtan Gowa. Kegiatan yang dibuka oleh Wakil Direktur II tersebut dihadiri alumni, peserta tenant, Asosiasi Inkubator Bisnis Indonesia (AIBI) dan juga wakil dari IB kampus Universitas Muslim Indonesia.

Prof Mardiana Ketua AIBI Wilayah Indonesia Timur yang turut hadir pada saat workshop mengapresiasi program IBT Polbangtan Gowa
“Saya apresiasi program IBT Polbangtan Gowa Kementan ini, apalagi jumlahnya tahun ini akan lebih banyak. Saya menyarankan untuk ketat menyeleksi peserta karena proses seleksi akan sangat mendukung keberhasilan tenant” pesan Mardiana.

Baca Juga:   Dongkrak Produktivitas Padi dan Jagung, Kementan Tingkatkan Kapasitas Penyuluh Pertanian

Ada 4 Action Plan IBT Polbangtan Gowa tahun ini; pertama, Rekruitmen 25 tenan dari alumni Polbangtan Gowa, kedua, Peningkatan capacity building, ketiga Pengembangan usaha dan keempat Membangun jejaring serta bermitra dengan IBT lainnya untuk kepentingan pemasaran.

Proses rekruitmen IBT Polbangtan Gowa tahun 2024:
1. Pendaftaran calon tenan 9 juni sd 8 juli 2024
2. Seleksi administrasi 9-10 juli 2024

Adapun persyaratan umum calon peserta yaitu:
1. Diutamakan alumni Polbangtan Gowa dan wajib berdomisili di wilayah program YESS
2. Berusia 17-39 tahun
3. Telah menjalankan usahanya minimal 6 bulan
4. Mengikuti program seleksi penerimaan calon tenan
5. Menyusun dan mengajukan usulan usaha
6. Memiliki kontribusi madal in-kind atau in-cash untuk mendukung pengembangan bisnis
7. Memiliki rekening Tabungan atas nama tenan
8. Memiliki email pribadi dan Memiliki Akun medsos serta
9. Tidak sedang menerima bantuan modal usaha dari Lembaga/Kementerian lain
Untuk informasi pendaftaran dan persyaratan lainnya dapat diakses melalui medsos maupun website YESS PPIU Sulawesi Selatan.