Gubernur Sulut Ambil Alih Persoalan Sampah di Manado

PEMERINTAHAN Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut) akhirnya ambil alih persoalan sampah yang hingga kini makin meresahkan. Rabu, 3 Februari 2021 kemarin, para Camat se-Kota Manado bersama Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan Kepala Bapelitbang Manado serta para asisten mengikuti rapat mendadak yang dipimpin Sekretaris Kota (Sekot) Manado.

Sekot Manado, Micler CS Lakat mengatakan bahwa rapat mendadak tersebut guna menindaklanjuti instruksi Gubernur Sulut, Olly Dondokambey yang akan membantu tuntaskan persoalan sampah di Manado. “Saya meminta kepada para kepala kecamatan untuk proaktif dalam penanganan sampah dengan menggerakan semua armada sampah dan memastikan semua sampah di wilayah masing-masing bisa diangkat,” pintanya.

Sekot juga menegaskan untuk menyiapkan titik kumpul armada sampah di setiap kelurahan yang akan dijemput truk sampah bantuan Pemprov Sulut, TPA Sumompo dan truk dari masing-masing kecamatan. “Seluruh Camat harus bisa mensosialisasikan kembali kepada warga untuk tidak membuang sampah sembarangan. Semoga dengan adanya bantuan dari Pemprov Sulut, masalah sampah bisa teratasi dengan baik dan tidak adalagi tumpukan sampah di sudut Kota Manado,” harapnya.

Baca Juga:   Pantau Malam Tahun Baru, Gubernur OD Minta Patuhi Prokes Covid-19

Ditambahkan Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Philip Sondakh bahwa bantuan Pemprov Sulut sesuai keputusan dalam rapat terbatas dengan Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sulut. “Persoalan sampah di Kota Manado nantinya akan dibantu oleh Pemprov Sulut. Tidak beroperasinya alat berat di tempat pembuangan sampah Sumompo berimbas pada penimbunan sampah di hampir semua sudut Kota Manado,” terangnya.

Lanjut Philip, Pemprov Sulut nantinya akan meminjamkan dua eskavator untuk digunakan di TPA Sumompo dan puluhan truk angkutan sampah untuk membantu penanganan sampah di Kota Manado. “Pemkot Manado tinggal menyediakan operator dan sopir untuk menjalankan semua alat berat dan mobil sampah hingga persoalan sampah tuntas. Ini berdasarkan hasil rapat kami dengan Pak Sekprov Sulut Rabu kemarin,” tegasnya.

Nampak hadir dalam rapat tersebut, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra, Heri Saptono, Asisiten Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Philip Sondakh, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Budi Paskah Yanti Putri, Kepala Bapelitbangda, Liny Tambajong, Kepala Bagian Pemerintahan dan Hubungan Masyarakat, Sonny Takumansang serta para Camat se-Kota Manado.(ale/*)