running text
2 KKB Papua Tewas Kontak Tembak dengan TNI - Starlink Merambah Indonesia, Operator Seluler Lain Terancam - Pimpinan redaksi dan manajemen Kabarfaktual.com mengucapkan: Selamat Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 H/ 2024. Baca berita di Kabarfaktual.com, informasi akurat dan terpercaya. Temukan berita-berita melalui akun sosial media Kabarfaktual.com.

JK Sebut AHY Pantas Jadi Cawapres Anies

JAKARTA -Wakil Presiden RI ke-10 dan 12 Jusuf Kalla (JK) turut mengomentari peluang duet Anies Baswedan dengan Ketua Umum Partai Demokrat AHY (Agus Harimurti Yudhoyono) dalam Pemilu 2024. Menurut JK AHY memiliki potensi untuk maju dalam kompetisi Pilpres 2024,

“AHY ini pasti mempunyai kemampuan untuk itu (mengikuti Pilpres 2024),” kata JK di kediamannya, Senin 15 Mei 2023.

Namun begitu, JK mengaku tidak ingin mengomentari itu terlalu jauh karena keputusan memilih pasangan calon presiden dan calon wakil presiden merupakan kewenangan setiap partai politik dan koalisi parpol.

“Secara teknis itu adalah kewenangan daripada koalisi. Saya tadi sampaikan kalau AHY ini memiliki kemampuan, tinggal musyawarah atau keputusan oleh koalisi untuk penentuan,” kata JK.

JK berharap agar pemimpin negeri ini dapat dipegang oleh generasi muda. “Harapannya adalah tentu generasi muda generasi penerus bangsa ini menjalankan,” kata JK.

Nama AHY disodorkan oleh Partai Demokrat sebagai calon wakil presiden bagi Anies. Sementara PKS mengusulkan nama Wakil Ketua Majelis Syura Ahmad Heryawan alias Aher.

Baca Juga:   AHY Sebut Ada Yang Tak Ingin Demokrat, PKS dan NasDem Berkoalisi

Selain sosok dari dalam koalisi, ada juga nama dari eksternal yang mencuat di meja perundingan Koalisi Perubahan. Koordinator dari tim Anies Baswedan, Sudirman Said menyebut ada nama Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Menteri BUMN Erick Thohir, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, hingga bekas Panglima TNI Andika Perkasa.

“Nanti dari luar kita lihat juga siapa yang layak, dan nama itu ditinjau. Kita juga berkomunikasi dengan nama-nama itu,” kata Sudirman di Sekretariat Perubahan, Jakarta Selatan, Jumat, 24 Maret 2023.

Di sisi lain Ketua DPD Partai Demokrat Sumatera Barat, Mulyadi menilai duet calon presiden Partai NasDem, Anies Baswedan dengan Ketum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) akan berpasangan di Pilpres 2024 dan untuk perubahan dan perbaikan bangsa.

“Anies-AHY memiliki chemistry yang kuat untuk berpasangan di Pilpres 2024 mendatang,” kata dia dalam keterangan tertulis di Padang,Sabtu.

Mantan Anggota DPR RI tiga periode itu meyakini bahwa dua tokoh Bangsa ini akan mampu membawa Indonesia semakin maju dan berkembang.(SW)