Kedekatan Jokowi – Ganjar dan Prabowo Sita Perhatian

JAKARTA – Momen kebersamaan Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat panen raya di Kebumen, Jawa Tengah menyedot atensi publik. PDI Perjuangan menanggapi pertemuan itu sebagai sesuatu yang wajar di ranah tugas ketiga tokoh tersebut.

Plt Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Timur Said Abdullah menyatakan pertemuan Jokowi, Prabowo, dan Ganjar menunjukkan kerja pemerintah untuk menyukseskan program kemandirian pangan nasional.

“Pertemuan Presiden Joko Widodo, dengan Pak Prabowo dan Mas Ganjar kami maknai sebagai kerja pemerintahan untuk menyukseskan program kemandirian pangan nasional. Program ini sangat penting sebab sebagian dari bahan pangan kita dipenuhi dari impor, padahal semua negara saat ini berkepentingan untuk mengamankan pasokan pangan masing-masing,” tutur Said dalam keterangan tertulis, Kamis (9/3/2023).

Said mengatakan pertemuan ketiga tokoh itu terjadi dalam koridor tugas di pemerintahan. Ia menegaskan pihaknya tak mengaitkan hal itu dengan Pilpres 2024.

“Karena kunjungan kerja Presiden Joko Widodo terkait peninjauan lapangan untuk program kemandirian pangan dilakukan di Jawa Tengah, otomatis Mas Ganjar sebagai Gubernur Jateng menjadi bagian dari kegiatan tersebut. Jadi kami tidak mau berpikiran lebih jauh menyangkut soal Pilpres 2024,” tutur Said.

Ketua Banggar DPR RI itu menyampaikan upaya mengamankan kebutuhan pasokan pangan nasional di tengah ketidakpastian ekonomi global menjadi agenda strategis pemerintah saat ini.

Baca Juga:   Yenny Wahid Sarankan Cawapres Prabowo Mewakili Anak Muda

“DPR juga memberikan dukungan anggaran ketahanan pangan yang sangat besar pada tahun ini sebesar Rp. 104,2 triliun,” ungkap Said.

Ia menekankan anggaran yang besar itu harus membuahkan hasil, sehingga Indonesia bisa mengurangi ketergantungan impor pangan.

“Kami sangat mengapresiasi perhatian presiden dan para menterinya atas program ini, termasuk sinergi pemerintah daerah dalam mendukung program ini,” pungkasnya.

Sebelumnya Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo akrab saat mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat panen raya di Kebumen. Gerindra mengatakan momen tersebut menunjukkan situasi yang nyaman antara ketiga tokoh ini.

“Foto ini menunjukkan Pak Jokowi nyaman dengan Pak Prabowo dan Pak Ganjar. Suasananya nampak sejuk, rukun dan guyub serta penuh keceriaan,” kata Waketum Partai Gerindra Habiburokhman kepada wartawan, Kamis (9/3/2023).

Habiburokhman menyebut Jokowi merupakan presiden yang mampu merangkul semua pihak. Ia berharap suasana tersebut dapat dipertahankan menjelang Pemilu 2024.

“Pak Jokowi adalah sosok pemimpin yang merangkul semua pihak. Kita doakan situasi kompak seperti ini bisa terus dipertahankan di tahun-tahun politik ini agar masyarakat juga menjadi tenang dan damai,” ujarnya.

Ketika ditanyai terkait peluang Prabowo dan Ganjar berduet, Habiburokhman menyerahkan sepenuhnya ke ketua kmum Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya. Terlepas dari itu, ia berharap kondusifitas politik di Indonesia bisa terjaga.

Baca Juga:   Rakernas PAN, Jokowi ; Tolak Politik Pemecah Belah

“Soal capres dan cawapres dari KKIR menjadi kewenangan Pak Prabowo dan Pak Muhaimin. Tapi, terlepas dari hitung-hitungan kontestasi, situasi politik harus dibuat terus kondusif seperti di foto itu,” imbuhnya.

Sebelumnya, ada momen menarik saat Presiden Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Jateng. Jokowi berfoto bersama Menhan Prabowo Subianto dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.

Momen foto bersama Jokowi, Prabowo, dan Ganjar terjadi saat mereka meninjau panen raya padi dan berdialog dengan petani di Desa Lajer, Kecamatan Ambal, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Ini merupakan agenda pertama kunjungan kerja Jokowi ke Jateng.

Berdasarkan foto yang dibagikan Sekretariat Presiden, Jokowi dan Prabowo terlihat memakai kemeja berwarna putih. Sementara itu, Ganjar memakai seragam dinas cokelat.(SW)