KPK Panggil Artis FTV Terkait Korupsi Hasbi Hasan

JAKARTA – KPK memanggil sejumlah saksi terkait kasus suap penanganan perkara di Mahkamah Agung (MA) dengan tersangka Sekretaris MA nonaktif Hasbi Hasan. Salah satu saksi yang dipanggil ialah seorang artis FTV bernama Wa Ode Kartika Sari atau Kartika Waode.

“Hari ini, bertempat di gedung Merah Putih KPK, tim penyidik menjadwalkan pemanggilan dan pemeriksaan saksi-saksi,” kata Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri kepada wartawan, Jumat (22/9/2023).

Wa Ode Kartika Sari diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Hasbi Hasan. Kartika diketahui tercatat sebagai pegawai PT Athena Jaya Production, rumah produksi yang diduga dimiliki Hasbi.

Kartika telah tiba di gedung KPK sejak pukul 10.00 WIB dan masih menjalani pemeriksaan sebagai saksi. Selain Kartika, tim penyidik memeriksa lima orang saksi lainnya.

Berikut enam saksi Hasbi Hasan yang diperiksa hari ini:
1. Wa Ode Kartika Sari (Wiraswasta/pegawai PT Athena Jaya Production)
2. Nina Batuatas (Wiraswasta/pegawai PT Athena Jaya Production
3. Dedi Suwasono (advokat)
4. Fajar Kurniawan (Karyawan Swasta)
5. Rustan Effendy (Dokter)
6. Agusrin Maryono (Wiraswasta)

Aset Rumah Produksi Hasbi Hasan
Aset berupa rumah produksi PT Athena Jaya Production juga sempat muncul dalam konferensi pers penahanan Hasbi Hasan, yang digelar Rabu (12/7). Saat itu Ketua KPK Firli Bahuri mengatakan KPK akan mengusut tiap aset yang diduga dimiliki Hasbi dari uang korupsi, termasuk kepemilikan rumah produksi.

Baca Juga:   Fix, Kecelakaan Exit Tol bawen, 3 Orang Meninggal, Satu Luka Berat

“Nanti biar Pak Asep selaku Direktur Penyidikan yang akan mendalami bagaimana tentang aset-aset milik HH yang dikelola oleh orang lain, termasuk juga rumah produksi,” kata Firli.

Hasbi Hasan diketahui memiliki rumah produksi bernama Athena Jaya. Firli mengatakan tim penyidik akan mengusut asal-usul pembiayaan rumah produksi tersebut.

“Tentu ini akan didalami sumber pembiayaan rumah produksi itu dari mana. Kalau memang itu ada kaitannya dengan tindak pidana korupsi, tentu ada perlakuan sesuai dengan ketentuan hukum dan peraturan perundang-undangan,” katanya.

Kepemilikan rumah produksi Athena Jaya pernah diungkap oleh penyanyi Windy Yunita Ghemary atau dikenal Windy Idol. Windy juga menjadi salah satu saksi dan telah dicegah keluar negeri terkait kasus Hasbi Hasan.

Saat diperiksa sebagai saksi di KPK pada Senin (29/5), Windy menjelaskan awal mula mengenal Hasbi. Windy mengaku pernah mengenal Hasbi saat terlibat kerja sama dengan production house Athena Jaya.

“Kalau Mas Hasbi saya pernah kenal karena saya dulu pernah ada nanya-nanya pendidikan di Athena Jaya, sempat kenal,” kata Windy setelah diperiksa di gedung KPK.

Baca Juga:   Ini Bunyi Pasal 338 KUHP yang Bakal Menjerat Bharada E dalam Kasus Brigadir J

Windy mengatakan penghasilan Athena Jaya tidak begitu besar. Dia juga mengaku cuma sebentar terlibat di Athena Jaya.

Hasbi Hasan telah ditahan di Rutan KPK. Dia diduga menerima suap Rp 3 miliar dalam skandal suap penanganan perkara di MA.(SW)