Breaking News
Iklan
Iklan

Penyidik Telusuri Harta Firli Bahuri dari Yogyakarta Hingga Jakarta

JAKARTA – Ketua KPK nonaktif Firli Bahuri telah usai diperiksa kedua kalinya sebagai tersangka kasus dugaan pemerasan eks Mentan Syahrul Yasin Limpo (SYL) dan belum ditahan. Penyidik mengklarifikasi aset milik Firli di Yogyakarta hingga Jakarta yang tak terdaftar di Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN).

“Tujuan pemeriksaan adalah untuk meminta keterangan tentang seluruh harta benda tersangka, serta harta benda Istri, anak, dan keluarga, terkait adanya aset lain/harta benda yang tidak dilaporkan dalam LHKPN, di antaranya Aset yang berlokasi di Yogyakarta (Bantul dan Sleman), Sukabumi, Bogor, Bekasi, dan Jakarta,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko kepada wartawan, Rabu (27/12/2023).

Dalam pemeriksaan ini, katanya, Firli juga juga meminta penambahan 1 saksi meringankan. Sebelumnya, Firli sudah mengajukan 4 saksi meringankan dan sudah diperiksa.

“Tujuan pemeriksaan atau permintaan keterangan tambahan terhadap Tersangka FB pada hari ini adalah adanya kepentingan tersangka FB untuk menambahkan Saksi yang meringankan (a de charge) yang baru, di luar yang telah diterangkan dalam berita acara pemeriksaan tersangka pada tanggal 1 Desember 2023,” katanya.

Baca Juga:   Polisi Amankan 10,2 Ton Sabu, Jaringan Fredy Pratama Diburu

Firli Bahuri telah selesai diperiksa terkait kasus dugaan pemerasan eks Mentan Syahrul Yasin Limpo (SYL). Firli belum ditahan dan bungkam setelah diperiksa.

Di gedung Bareskrim Polri, Rabu (27/12), Firli terlihat mengenakan kemeja warna cokelat. Dia tak mengeluarkan sepatah kata pun saat keluar melalui lobi Bareskrim.

Dia lalu masuk ke mobil dan keluar dari Mabes Polri. Saat di mobil, dia sempat melambaikan tangan.

Firli dikawal ketat polisi saat keluar. Dia menggunakan mobil Toyota Fortuner warna hitam dengan pelat nomor B-1890-TJV.

Diketahui Firli diperiksa kedua kalinya sebagai tersangka. Firli hadir dalam pemeriksaan pukul 09.30 WIB pagi tadi.(SW)